Harga Cabe dan Bawang di Padang Meroket
PDF Print E-mail
Jum'at, 11 Januari 2013 | Padang. Harga sejumlah komoditi pangan di Pasar Raya Kota Padang, mengalami kenaikan tajam. Kebutuhan pangan yang mengalami kenaikan harga, merupakan komoditi yang di datangkan dari luar Sumatera Barat,  diantaranya cabe, bawang dan kacang-kacangan.


Salah seorang pedagang cabe di Pasar Raya Kota Padang, Aditya mengakui, bahwa kenaikan harga tersebut terjadi selama dua hari berturut-turut. Sebelumnya, harga cabe perkilogramnya di bandrol seharga 20 Ribu Rupiah, kemudian naik menjadi 28 Ribu Rupiah per kilogram, dan hari ini meningkat menjadi 30 Ribu Rupiah per kilogram.


Menurut aditya, kenaikan harga cabe tersebut, di picu oleh tersedatnya ketersedian stock. Cabe yang di datangkan dari pulau jawa, selalu mengalami keterlambatan, karena terganggunya pengiriman melalui transportasi laut, akibat tingginya gelombang dan cuaca buruk. Namun demikian, Aditya mengaku, omset penjualan cabe tidak mengalami penurunan.


Sementara itu, Salah Seorang penjual bawang, Ujang mengatakan, untuk harga bawang saat ini juga mengalami kenaikan yang tajam, baik bawang merah, bawang putih maupun bawang bombay. Rata-rata harga bawang yang sebelumnya di jual seharga 8 Ribu Rupiah naik menjadi 16-17 Ribu Rupiah per kilogram. Menurutnya, kenaikan harga bawang tersebut, disebabkan karena terlambatnya pengiriman bawang dari pelabuhan Medan ke Kota Padang.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download