KPU Kab/Kota di Sumbar Curi Start Sosialisasi Pendaftaran Caleg
PDF Print E-mail
Selasa, 09 April 2013 | Padang. Komisi Pemilihan Umum – KPU Provinsi Sumatera Barat menginstruksikan KPU Kabupaten/Kota untuk melaksanakan kembali sosialisasi pembekalan dan bimbingan teknis kepada partai politik tentang cara pendaftaran bakal calon legislatif untuk Pemilu 2014. Koordinator Divisi Hukum KPU Sumatera Barat Ardian mengatakan, bahwa hal ini disebabkan, karena ada sejumlah KPU di Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan bimbingan pendaftaran bakal caleg sebelum waktu yang ditentukan.

Ardian menjelaskan, aturan teknis dan tata cara pendaftaran bakal caleg pada Pemilu 2014 berbeda dengan periode sebelumnya. Penyampaian pembekalan itu sendiri, baru dilakukan KPU Pusat kepada KPU Provinsi pada tanggal 3 dan 4 April lalu, sehingga sangat tidak tepat, ketika ada KPU Kabupaten/Kota yang telah menggelar bimbingan teknis kepada parpol sebelum waktu tersebut. Menurut Ardian, dengan kondisi itu, materi bimbingan yang diberikan KPU Kabupaten/Kota pun kurang tepat dan detail, sehingga harus diadakan bimbingan ulang.

Koordinator Divisi Hukum KPU Sumatera Barat Ardian menambahkan, tahap pendaftaran bakal calon legislatif untuk Pemilu 2014 mulai dibuka hari ini hingga 22 April mendatang. Dengan kurun waktu yang panjang dimaksud, tidak ada alasan bagi KPU Kabupaten/Kota untuk tidak melaksanakan bimbingan teknis ulang karena kendala waktu.

Sementara itu, bagi parpol yang masih kebingungan terkait tata cara dan teknis pendaftaran bakal calon legislatif, dihimbau untuk berkonsultasi kepada KPU, karena KPU menyediakan petugas pemberi informasi.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download