Pemprov Sumbar Kirimkan Bantuan Logistik Untuk Korban Banjir Mentawai Kamis Besok
PDF Print E-mail
Rabu, 10 April 2013 | Padang. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat segera akan mengirim bantuan, menuju 4 Kecamatan di Siberut Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang diterjang banjir gelombang pasang pada 5 April lalu. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, tanggap darurat akibat banjir rob tersebut, dilaksanakan selama 14 hari terhitung sejak 6 April lalu.

Berdasarkan laporan dari pemerintah Kabupaten Mentawai, saat ini banjir telah surut dan seribu lebih masyarakat yang sempat mengungsi, telah pulang kembali ke rumah masing-masing. Hingga kini, personil medis yang akan menanggani korban banjir sudah cukup tersedia di lokasi.

Namun Gubernur Irwan Prayitno menjelaskan, untuk mendukung tanggap darurat banjir di Kepulauan Siberut – Mentawai, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat segera mengirim bantuan berupa obat-obatan, makanan, peralatan rumah tangga, perlengkapan untuk bayi dan perempuan, serta selimut, tikar dan matras. Bantuan mulai di distribusikan kamis sore besok, dengan Kapal Motor Ambu-Ambu dari Pelabuhan Bungus Padang menuju Pulau Siberut Mentawai. Bantuan itu berasal dari lembaga yang berada di Provinsi masing-masing Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan PMI.

Sebelumnya diketahui, bahwa pada 5 April lalu, akibat cuaca extrem berupa gelompang pasang, banjir menerjang Siberut Kepulauan Mentawai. Ratusan rumah warga di 4 Kecamatan terendam, yakni Siberut Selatan, Siberut Utara, Siberut Tengah, dan Siberut Barat Daya. Tercatat seribu 315 KK atau mencapai 7 ribu jiwa mengungsi, dan 11 unit rumah, 3 Sekolah Dasar, dan 2 Puskesmas rusak berat. Selain itu, 1 buah jembatan di desa Muntei terputus, dan sepanjang 30 meter jalan di wilayah taman nasional terkikis arus air.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download