"Serak Gulo" Wisata Religi Etnis India Di Padang
PDF Print E-mail
Kamis, 11 April 2013 | Padang. Warga Padang keturunan India dihujani gula pasir yang dibungkus dengan kain warna-warni menyerupai bola tenis sore tadi, Kamis (11/4). Kegiatan ini terkait dengan perayaan tradisi keagamaan "Serak Gulo" dan Arak Cendana, yang di adakan oleh Warga Kota Padang Keturunan India di Mesjid Muhammaden Jl. Betipuh Kecamatan Padang Selatan. Tradisi ini diadakan pada setiap awal jumadil akhir pada bulan islam.

“Tradisi keagamaan Serak Gulo dan Arak Cendana ini berasal dari Negara India yang dibawa ke Indonesia oleh para leluhur kami 300 tahun lalu, ini merupakan bentuk dari Nazar Warga keturunan India terhadap apa yang kita inginkan, Tradisi ini hanya ada di 3 Negara saja antara lain, Indonesia, India dan Singapura, untuk Indonesia sendiri tradisi ini Cuma hanya ada di Kota Padang saja, “ Ujar Affas Max Ketua Pelaksana.

Perayaan Tradisi keagamaan Serak Gulo dan Arak Cendana ini hanya ada di 3 Negara saja antara lain, Indonesia, India dan Singapura. Untuk Indonesia sendiri, tradisi ini cuma ada di Kota Padang. "Pada perayaan kali ini kita menghabiskan sebanyak kurang lebih 2,5 ton gula yang kita bungkus dengan kain warna-warni, menyerupai bola tenis dan kita lemparkan ke warga dari loteng mesjid Muhammaden", tambah Affas Max.

Tidak hanya warga padang keturunan India yang mengikuti jalan nya prosesi ini namun keturunan melayu, cina pun juga ikut merayakan ini bentuk dari kebersamaan serta kemesraan dan kerukunan warga. "Walaupun kita berbeda etnis, namun tetap menjaga silahturahmi", lanjutnya.

Untuk kedepannya Affas Max berharap tradisi seperti ini bisa menarik perhatian pemerintah Kota Padang, dan bisa menjadikan tradisi ini sebagai salah satu icon pariwisata Sumatera barat, khususnya Kota Padang, Tutup Affas Max.

Setelah melakukan tradisi serak gulo, untuk sepuluh hari kedepan nya akan diadakan prosesi Keagamaan Arak Cendana. (RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
pupupu