May Day, Ratusan Buruh Coco Mas Mogok Kerja
PDF Print E-mail
Selasa, 30 April 2013 | Padang. 400 an pekerja PT. Bumi Sari Mas Indonesia atau Coco Mas, akan menggelar aksi mogok bekerja rabu besok. Aksi mogok ini dilakukan, juga bertepatan dengan peringatan hari buruh internasional atau May Day. Selain aksi mogok bekerja, para buruh atau pekerja PT.BSI ini juga akan menggelar aksi unjuk rasa di depan perusahaan mereka, yang berada di pinggir jalan Duku Kab.Padang Pariaman.

Ketua SPSI Sumbar, Arsukman Edi mengatakan, aksi yang di gelar besok pagi itu, bertujuan untuk menentang masih adanya pemberlakukan outsourcing atau pegawai kontrak, oleh pihak perusahaan Coco Mas. Padahal menurutnya, UU Ketenagakerjaan telah melarang adanya sistem outsourching. Hal ini jelas-jelas merupakan tindakan pembangkangan, terhadap peraturan yang telah dikeluarkan pemerintah.

Ketua SPSI Sumbar ini juga menambahkan, bahwa sebenar pihak Coco Mas sebenarnya sudah mendapatkan rekomendasi dan peringatan dari pihak terkait termasuk dinas tenaga kerja, untuk menghapuskan pemberlakuan outsourching. Namun hingga kini, hal tersebut tidak diindahkan oleh pihak perusahaan. Ia melihat, bahwa dinas tenaga kerja Padang Pariaman tidak berdaya menghadapi pihak perusahaan. Bahkan pengawas dari Kementrian Tenaga Kerja RI, juga sudah diturunkan ke perusahaan tersebut, tapi tetap tidak ada hasil.

Selain menggelar aksi mogok di PT.BSI, SPSI Sumbar juga akan menggelar sarasehan dengan seluruh pengurus SPSI se-Sumbar. Hal ini menurut Edi, agar terjadi sharing antara sesama anggota SPSI dan pihak-pihak terkait, terhadap nasib tenaga kerja yang ada di Sumbar.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download