Gubernur Irwan Prayitno Mendukung Dhamasraya Menjadi Sentra Ternak Terbesar di Sumbar
PDF Print E-mail
Dharmasraya - Melalui Livestock Expo 2013, Kabupaten Dharmasraya bertekad menjadi sentra penghasil pangan terbesar di Sumatera Barat. Ditunjang pasar ternak yang memadai, daerah itu menunjukkan komitmen mewujudkan tekad tersebut. Selain itu Kabupaten Dharmasraya sangat berpotensi untuk menjadi sentra peternakan. Luasnya lahan yang tersedia di daerah itu sangat mendukung daerah tersebut menjadi sentra penghasil pangan hewani terbesar di Sumatera Barat.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat peresmian Pasar Ternak Agropoplitan Gunung Medan, Kamis (9/5) menyatakan, potensi peternakan di Dharmasraya harus tergarap secara optimal, karena potensi ini amat memungkin dan luasan lahan yang dimiliki kabupaten ini. Diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan potensi ini sebagai peluang usaha yang tidak boleh disia-siakan.

Pemerintah, akan terus berusaha memberikan dorongan serta fasilitas yang diingikan oleh masyarakat dalam usaha peternakan dan pertanian guna upaya peningkatan ketahanan pangan.Yang perlu diingat oleh masyarakat jangan biarkan lahan-lahan kosong apa adanya, kok rumput dibiarkan lebih baik kerahkan potensi diri untuk berbuat yang terbaik dalam upaya mensejahterakan kehidupan yang lebih baik, ujarnya

Bupati Adi Gunawan dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, berbagai program diluncurkan untuk mempercepat upaya tersebut sehingga sangat memungkinkan bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha di bidang peternakan ini. Kegiatan Livestock Expo Ternak 2013 di Dhamasraya ini telah membangkitkan gairah peternak dalam mengembangkan keberhasilan ternak di Dhamasraya. Kita dapat melihat betapa besar potensi ternak di daerahnya ini.

Kita optimis potensi ini, Kabupaten Dhamasraya mampu menjadi sentra ternak terbesar di Sumatera Barat bahkan bisa tingkat regional Sumatera.Kegiatan Livestok Expo ternak ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja peternak, penyuluh dan masyarakat serta memotivasi untuk lebih produktif. Target akhirnya adalah menjadikan Dharmasraya sebagai sentra peternakan untuk kebutuhan regional," katanya.

Livestock expo 2013 antara lain dimeriahkan festival ternak, festival rendang dan rembug tani sebagai ajang temu peternak dan pedagang dalam rangka membuka peluang pasar dan mencari solusi terhadap masalah usaha peternakan.

Selain itu juga dimeriahkan dengan festival pertanian, pameran, berbagai perlombaan dan bazaar.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download