13 Calon Senator Asal Sumbar, Telah Kembalikan Berkas Ke KPU Sumbar
PDF Print E-mail
Senin, 13 Mei 2013 | Padang. Jelang hari terakhir pengembalian berkas calon anggota DPD RI ke KPU Sumatera Barat, baru 13 orang dari 31 calon yang telah mengembalikan berkasnya. Berdasarkan jadwal KPU, penerimaan berkas perbaikan calon DPD RI, dilakukan hingga tanggal 14 Mei jam 16.00 wib.

Anggota KPU Sumbar Divisi Hukum, Ardyan mengatakan, bahwa selama ini KPU Sumbar telah menyediakan ruang konsultasi untuk calon anggota yang ingin melengkapi berkas-berkasnya. Namun kenyataan, ruang tersebut tidak dimanfaatkan oleh mereka, sehingga banyak yang kesulitan dalam melengkapi kekurangan syarat yang diminta oleh KPU.

Sementara itu, Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Sumbar, Agus Catur Rianto mengatakan, diantara ke-13 Calon anggota DPD RI yang telah mengembalikan berkasnya diantaranya adalah, Leonardy Harmaini, Afrizalti, Yong Hendri, Jefri Geovani, Novi Chandra, Aliman Sori, Irman Gusman, Herman Dhanil Ibrahim, M.Rahmad, Andi Harmainy, Khairul Azmi, Zulkairnain Chamsyah.

Sebelumnya, dari 31 calon anggota DPD RI yang sudah dinyatakan lengkap berkarsnya oleh KPU Sumbar, baru terdapat 4 calon, yaitu Irman Gusman, Aliman Sori, Novi Chandra, Andi Harmainy.

Sedangkan untuk calon anggota DPD RI yang berasal dari PNS, baru ditemukan satu orang, atas nama Zulkarnain chamsyah, namun sudah menyatakan pensiun karena mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD RI.

Sementara itu, jika calon anggota DPD RI sudah 13 orang yang mengembalikan berkas perbaikannya, namun untuk Partai politik masih belum satupun yang mengembalikan berkasnya. Untuk Parpol, KPU memberikan batas waktu pengembalian berkasnya hingga tanggal 22 Mei jam 4 sore.

Dari hasil pemeriksaan sementara KPU Sumbar, ada 3 caleg yang merupkan PNS, yaitu Zulkarnaiani yang diusung PKB untuk dapil 6, yang merupakan pegawai RRI, Sobrana dari Gerindra PNS dilingkungan Dinkes Provinsi Sumbar dan Edwardi yang merupakan Staf ahli Kantor Gubernur yang diusung Partai Nasdem.

Sementara itu, KPU Sumbar juga menemukan satu orang caleg yang berusia dibawah ketentuan 21 tahun, yaitu atas nama Zigo yang diusung oleh partai Golkar.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
pupupu