Pilkada Sawahlunto Tolak Ukur Demokrasi Sumbar Tahun 2013
PDF Print E-mail
Senin, 13 Mei 2013 | Padang. Pilkada Sawahlunto yang akan berlangsung pada 16 Mei mendatang, akan menjadi patokan dan tolak ukur Pilkada di Sumbar tahun 2013. Hal ini disebabkan, karena sepanjang tahun ini, ada 4 Pilkada yang akan di gelar berdekatan, yaitu Pilkada Sawahlunto, Pilkada Padang Panjang, Pilkada Padang Pariaman dan Pilkada Padang.

Dari hasil pemantauan selama dua hari di Sawahlunto, Anggota KPU Sumbar Divisi bidang Hukum, Ardyan mengatakan, bahwa aura politik dan demokrasi di Sawahlunto sangat positif dan bagus. Hal ini terlihat, dengan tingginya antusias warga, tokoh masyarakat dan tokoh politik yang menghadiri kampanye 5 calon kepala daerah Sawahlunto, yang sedang memperebutkan kursi kepala daerah. Bahkan dalam debat calon yang telah di gelar tadi malam, menurutnya seluruh pasangan calon kepala daerah tersebut memaparkan visi dan misi untuk kemajuan kota Sawahlunto dengan baik.
 
Selain itu Ardyan juga menambahkan, dari laporan KPU Sawahlunto ke KPU Sumbar, seluruh berkas dan dokumentasi pelaksanaan Pilkada sudah lengkap, termasuk undangan untuk calon pemilih juga telah di sampaikan kepada seluruh warga. Bahkan pasangan calon juga diminta untuk ikut berperan, dalam mendata warga yang belum mendapatkan undangan pemilukda.

Sementara itu Ia juga mengatakan, jika Pilkada Sawahlunto berjalan dengan sukses, maka 3 pilkada lainnya yang akan berlangsung pada tahun ini di Sumbar, juga akan sukses. Hal ini disebabkan, karena pilkada yang dilakukan dalam waktu berdekatan, sangat riskan untuk terjadi masalah.(RNS)
 

Add comment


Security code
Refresh

Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download