Sumbar Gunakan Dua Tarif Taxi
PDF Print E-mail
Kamis, 23 Mei 2013 | Padang. Taxi Bluebird hari ini resmi di lounching dan di operasionalkan di Sumatera Barat. Sebanyak 50 taxi biru tersebut, akan melayani seluruh rute yang ada di Sumbar.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, dengan kehadiran taxi bluebird di Sumbar, hal ini tidak akan menjadi persaingan dengan taxi-taxi yang sudah ada. Hal ini disebabkan, karena Pemprov Sumbar akan memberlakukan sistem tarif atas atau tarif baru dan tarif bawah atau tarif lama. Untuk tarif atas ini akan digunakan oleh bluebird, dan taxi lama akan menggunakan tarif bawah.

Berdasarkan Pergub Sumbar, tarif baru untuk buka pintu seharga 6000 rupiah, perkilometernya 3000 rupiah dan untuk tarif menunggu satu jam 30 ribu rupiah. Sedangkan untuk tarif lama, buka pintu dikenakan 5000 rupiah, perkilometernya 3000 rupiah dan menunggu satu jam 22 ribu rupiah.

Gubernur juga menambahkan, meski sudah ada Pergub yang mengatur tarif taxi di Sumbar, namun pada bulan Juli mendatang akan keluar lagi Pergub yang baru. Hal ini disebabkan, karena adanya kebijakan dari Pemerintah pusat, yang berencana akan menaikan harga BBM.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Prov.Sumbar Mudrika mengatakan, untuk rute-rute atau jalur yang akan dilalui taxi bluebird, tidak akan terbatas. Sedangkan untuk standbye di BIM, masih menunggu kesepakatan dengan paguyuban setempat.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download