2 Bacaleg Di Padang Tidak Masuk DCS
PDF Print E-mail
Kamis, 30 Mei 2013 | Padang. Dua orang bakal calon legislatif untuk DPRD Kota Padang, dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU Kota Padang. Hal ini disebabkan, karena ke-2 orang tersebut tidak melengkapi data-data yang menjadi persyaratan menjadi bakal caleg.

Komisioner KPU Kota Padang, M.Sjahbana Syam mengatakan, persyaratan yang tidak di penuhi kedua baleg tersebut adalah surat kesehatan rohani, surat bebas narkoba dan surat terdaftar sebagai pemilih. Akibat tidak lengkapnya persyaratan tersebut, maka keduanya tidak masuk dalam penetapan KPU Kota Padang, sebagai Daftar Calon Sementara (DCS). Namun untuk satu calon, masih bisa di ganti oleh partai pengusungnya dengan bacaleg lainnya, karena yang tidak memenuhi persyaratan tersebut adalah bacaleg perempuan.

M.Sjahbana Syam juga menambahkan, selain ada 2 bacaleg yang tidak di masukkan dalam DCS, hasil verifikasi persyaratan yang dilakukan KPU Kota Padang menetapkan, bahwa dari 12 partai politik, ada 2 parpol yang dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS). Penetapan BMS ini disebabkan, karena ke-2 partai itu memiliki bacaleg yang belum melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan oleh KPU. Untuk bacaleg dari PPP, BMS karena belum melampirkan SK pemberhentianya sebagai PNS, dan bacaleg dari PDIP belum melampirkan surat pemberhentian sebagai penyelenggara pemilu.

Berdasarkan tahapan KPU, mulai hari ini sampai 12 juni, DCS untuk DPRD kota padang akan ditetapkan. Sedangkan pengumuman DCS ke publik, akan dilakukan pada tanggal 13 Juni mendatang. Rencananya, penetapan Daftar Calon Tetap sendiri, baru akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download