Rumah Sakit Pemerintah Harus Rubah Pelayanan, Agar Dapat Terakreditasi Internasional
PDF Print E-mail
Kamis, 13 Juni 2013 | Padang. RSUP dr.M.Djamil Padang menargetkan pada tahun 2014 mendatang, akan mendapatkan Akreditasi Internasional. Sebelumnya, baru rumah sakit swasta di Indonesia yang mendapatkan Akreditasi Internasional. Namun tahun 2013, sudah ada 2 rumah sakit milik pemerintah yang mendapatkan Akreditasi Internasional yaitu RSCM di Jakarta dan RS Sanglah di Bali.

Pada saat peresmian Gedung Administrasi dan Instalasi Rawat Jalan RSUP M.Djamil Padang hari ini, Menteri Kesehatan RI, Nafsiah Mboi mengatakan, bahwa untuk mencapai akreditasi internasional tersebut bukan tidak mungkin dapat di lakukan oleh sebuah rumah sakit termasuk RSUP M.Djamil. Namun menurutnya, yang paling penting untuk mewujudkan itu adalah, harus adanya kerja tim dari seluruh komponen di rumah sakit, baik dari segi sarana dan prasarana maupun dari profesionalitas pelayanan di rumah sakit.

Menkes mengatakan, bahwa hingga kini juga masih ada profesor dan dokter spesialis merasa satu level di bawah tuhan. Sehingga Ia menganggap dirinya sangat di butuhkan orang lain. Menurutnya, jika masih ada pelayan kesehatan yang berfikiran seperti itu, Menkes menganggapnya dokter dan profesor yang kuno.

Menkes menambahkan, bahwa selama ini yang sering di keluhkan oleh masyarakat terutama pasien adalah segi pelayanan rumah sakit milik pemerintah di Indonesia yang kurang menyenangkan. Sehingga banyak pasien yang rela pergi keluar negeri untuk berobat dengan pelayanan yang ramah dan menyenangkan.

Untuk itu, Ia berharap agar rumah sakit di daerah dapat merubah diri dalam segi pelayanan. Apalagi saat ini, 83,6% anggaran kesehatan Kemenkes telah di kirim ke daerah. Selain memberikan pelayanan yang prima, Ia juga menginginkan agar laporan keuangan kemnkes yang saat ini sudah WTP dapat di pertahankan, agar tidak kembali di nilai WDP ataupun Disclaimer.

Sementara itu, Dirut RSUP M.Djamil Padang, Aumas Pabuti mengatakan, pasca gempa 2009, Gedung Administrasi dan Instalasi Rawat Jalan akhirnya kembali berdiri dan diresmikan hari ini. Bangun seluas 14500 m2 itu, dibangun dengan dana dipa tahun 2011 sebesar 74 miliar rupiah. Menurutnya, keberadaan gedung yang baru di resmikan itu sangat penting, mengingat pasien rawat jalan di RSUP M.Djamil padang rata-rata 1000 orang perhari.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download