Kemenag Sumbar Kalang Kabut Hadapi Hadapi Pengurangan Jemaah Haji
PDF Print E-mail
Jum'at, 14 Juni 2013 | Padang. Adanya pengurangan kuota jemaah haji untuk indonesia sebanyak 20 persen berimbas terhadap pengurangan kuota haji di daerah. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, hingga kini pun masih kebingungan, menindaklanjuti pengurangan kuota haji dimaksud.
Berdasarkan data Kanwil Kemenag Sumbar, di rencanakan jumlah Jemaah Calon Haji yang akan diterbangkan untuk musim haji 1434 H/ tahun 2013 ini, sebanyak 4498 orang. Namun dengan adanya informasi pengurangan kuota jemaah calon haji, di pastikan membuat perencanaan harus di rubah. Jumlah jemaah harus di kurangi mencapai 333 orang.

Saat ditemui di Auditorium Gubernuran Sumbar siang tadi, Kakanwil Kemenag Sumbar, Ismail Usman mengatakan, bahwa hingga kini masih belum bisa memastikan teknis pengurangan jemaah. Apakah akan memperioritaskan jemaah berusia lanjuta dan mengurangi jemaah usia muda, atau cukup mengurangi jemaah berdasarkan nomor urut. Jika berdasarkan nomor urut kursi, maka jemaha dengan nomor urut 42337 - 42748 terpaksa keberangkatannya di undur pada musim haji tahun depan. Secara singkat Ismail Usman menegaskan, bahwa keputusan teknis pengurangan kuota haji Sumbar, akan di bahas mendalam terlebih dahulu.

Sebelumnya diketahui, pengurangan kuota haji Indonesia sebesar 20% atau 26 ribu orang ini, di sebabkan karena adanya kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi, yang saat ini sedang melakukan pelebaran tempat ibadah. Pengurangan kuota tersebut tidak hanya ditujukan untuk Indonesia, tetapi juga berlaku bagi bagi negara lainnya, yang akan memberangkatkan haji.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download