Panwas: Spanduk Bacaleg Banyak Curi Start
PDF Print E-mail
Jum'at, 29 Juni 2013 | Padang. Dalam tahap Pemilihan Umum-Pemilu Legislatif 2014, Komisi Pemilihan Umum-KPU baru menetapkan Daftar Calon Sementara. Namun demikian, di
jalanan Kota Padang dan Sumatera Barat secara umum, telah ramai terpajang wajah Bakal Calon Legislatif-Bacaleg dari berbagai partai, baik untuk tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi maupun Pusat, yang mendeklarasikan dirinya sebagai Caleg dan telah mencantumkan nomor urut serta daerah pemilihan.

Ketua Pengawas Pemilu Sumatera Barat Elly Yanti mengatakan, jika berdasarkan logika, tindakan para bacaleg tersebut telah menyalahi aturan, karena memasang atribut yang bisa dikategorikan peraga kampanye di luar jadwal. Namun di sisi hukum, Panwaslu pun tidak memiliki kewenangan menertibkan atribut itu, karena mereka belum resmi tercatat sebagai peserta Pemilu.

Menurut Elly Yanti, para Bacaleg yang telah mencitrakan diri dengan memasang spanduk di jalanan adalah orang yang pandai, sehingga mengetahui kelemahan aturan Pemilu, dan dengan kelicikkannya memanfaatkan kelemahan perundangan untuk mencuri start berkampanye.

Ketua Panwaslu Sumatera Barat Elly Yanti menambahkan, maraknya spanduk ataupun baliho Bacaleg di jalanan sebelum masa kampanye digelar, merupakan pendidikan politik yang salah bagi masyarakat. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan KPU serta pemerintah daerah, menghimbau partai politik ataupun bacaleg bersangkutan, agar tidak melakukan pencitraan diri yang
mengarah ke kampanye.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download