Tarekat Saman Lebaran Rabu 7 Agustus
PDF Print E-mail
Rabu, 07 Agustus 2013 | Padang. Satu hari berselang setelah jamaah tarekat Naqsabandiah melaksanakan sholat hari raya idul fitri 1434 H, hari ini (Rabu,7/8) giliran jemaah tarekat Saman yang menggelar sholat idul fitri. Pelaksanaan sholat ini diikuti ribuan jamaah tarekat Saman, seperti yang dilakukan oleh jamaah tarekat Saman di Surau Cirobong Kel. Koto Panjang Kec. Koto Tangah Kota Padang. Di Surau tersebut, pelaksanaan sholat idul fitri di laksanakan pada jam 8.00 wib.

Imam Surau Cirobong, Apan mengatakan, bahwa Penghitungan Lebaran tersebut adalah berdasarkan perhitungan hisab dan juga kepercayaan secara turun temurun terekat tersebut, dan bukan melihat bulan. Menurutnya, dari perhitungan yang mereka lakukan sejak awal berpuasa Senin 8 Juli lalu, maka pada hari Selasa kemaren mereka telah melaksanakan puasa selama 30 hari penuh. Selain telah melakukan hisab sejak setahun yang lalu, mereka juga mengakui telah melakukan rukhyat atau melihat bulan sekali dalam 5 tahun, untuk menentukan waktu hisab berikutnya.

Imam Surau Cirobong yang berada di kawasan Air Pacah ini, Apan mengatakan, selain di Kota Padang, jamaah tarekat Saman juga ada di daerah Kabupaten Pariaman, karena ajaran tersebut berasal dari daerah Ulakan, Kabupaten Pariaman yang dibawa oleh Syehk Burhanuddin, sama dengan tarekat lain yang juga berasal dari daerah yang sama seperti tarekat Naqsabandiyah, dan juga Satariyah. Bahkan, saat ini jamaah tarekat Saman juga ada di Batusangkar, Pesisir Selatan dan Bangko.

Selain melaksanakan salat, ibu-ibu pengikut tarekat tersebut juga terlihat membawa rantang untuk makan bersama menyambut datangnya hari raya. Sementara warga sekitar yang tidak satu ajaran dengan tarekat Saman tersebut, tidak tampak mempermasalahkannya dan masih tetap berpuasa seperti anjuran Pemerintah dan PP Muhamadiyah, yang baru akan berlebaran rencana esok hari.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download