Selamat Datang di Prancis
PDF Print E-mail

Bonjour!

Bonjour! Bienvenue en france (read : bongzu, biangvenyu ong frongse / halo, selamat datang di perancis). Begitulah sapaan yg biasa anda dengar pada saat anda mengunjungi Perancis. Yup! perancis adalah Negara kedua yang kita kunjungi dalam program around the world kali ini setelah hiruk pikuk dengan Amerika Serikat selama May lalu.

Republik perancis adalah Negara yg terletak di eropa barat. Nama perancis mewarisi sebuah kerajaan jermanik yang wilayahnya mencakup daerah tersebut setelah runtuhnya kekaisaran romawi yaitu franca. Wilayah perancis terdiri dari daratan eropa dan berbagai pulau dan wilayah dibenua lain. Prancis metropolitan membentang dari laut tengah dampai selat inggris dan laut utara, serta dari sungai rhein sampai samudra atlantik. Nah, Bentuk wilayah ini menginspirasi julukan hexagone (segi enam).

Didarat perancis dibatasi oleh Belgia, Luxemburg, Jerman, Swiss, Italia, Monaco, Andorra dan Spanyol. Diluar wilayah metropolitnya, perancis juga memiliki batas dengan Brasil, Suriname, Antillen Belanda. Lanskap prancis metropolitan sangat beargam, diutara dan barat terdapat pesisir sedangkan di tenggara terdapat pegunungan alpen dan pirenia di barat daya. Di alpen perancis terdapat titik tertinggi di eropa barat yaitu mont blanc pada ketinggian 4.810 m. Perancis terkenal dengan dunia fashionnya, roti, anggur, musik, kereta api super cepat dan resort ski di pegunungan alpen dekat perbatasan dengan swiss. Selain itu perancis juga merupakan Negara pertanian yang terkenal dengan “savoir-faire” (read : savoa feir) atau tradisi pengelolaan di masing masing wilayahnya. Perancis modern sangat memperdulikan lingkungan alam dan berusaha mempertahankan tradisi.  Di perancis terdapat 6 taman nasional, 126 cagar alam dan lebih 400 daerah peninggalan biotopes.

Ingatkah anda tokoh yang sangat terkenal dari perancis ? sejarah politik perancis tak kan bias lepas darinya ? yup! Napoleon Bonaparte ! Charles Louis Napoleon Bonaparte yang juga dikenal dengan Louis Napoleon Bonaparte adalah presiden republic prancis pertama (10 desember 1848 – 2 desember 1851), kemudian kembali menjabat pada tanggal 2 desember 1851 sampai 2 desember 1852. dia tampil ketiga untuk emperor prancis dengan menyandang gelar napoleon III. Pada mulanya dia menghabiskan hidupnya jauh dari perancis. Ia berusaha mencapai kekuasaan pada 1840. Namun ia kalah dan melarikan diri, kemudian kembali setelah pemberontakan pada februari 1848 dan terpilih sebagai presiden republic kedua dan mengumumkan kekaisaran pada tahun 1852. Pada masanya keberhasilan ekonomi tercapai. Ia digulingkan dari pemerintahan akibat kekalahan perancis dalam perang perancis – prusia 1870 dan diasingkan dari negaranya.

Saat ini presiden perancis adalah  Nicholas sarkozy. Dia adalah kepala Negara. Tetapi kepala pemerintahan di pegang oleh Francois Fillon sebagai perdana menteri.

Bahasa Perancis seringkali dikatakan sebagai bahasa yang romantis, mendayu, indah… Bahasa Perancis merupakan bahasa internasional ke dua setelah Inggris. Dan menjadi salah satu bahasa resmi PBB. Bahasa Perancis (le français / read : le frongse) adalah salah satu bahasa paling penting dari kelompok bahasa Roman setelah bahasa Spanyol dan bahasa Portugis. Bahasa Perancis merupakan bahasa yang paling banyak dituturkan ke-11 di dunia. Hingga tahun 1999, bahasa ini dituturkan oleh lebih dari 77 juta penduduk di dunia sebagai bahasa ibu dan oleh 128 juta jiwa lainnya sebagai bahasa kedua.  Bahasa Perancis juga dipakai sebagai bahasa resmi atau bahasa pemerintahan oleh beberapa komunitas dan organisasi, seperti Uni Eropa, IOC, PBB, dan FIFA. Perkuliahan di Perancis umumnya diselenggarakan dalam bahasa Perancis, untuk itu menguasai bahasa merupakan satu dari beberapa factor sukses utama.

Bahasa Perancis dapat di pelajari di Alliance Française (AF) dan juga di CCF (Centre Culturel Français) yang tersebar di seluruh negara. Untuk di Indonesia CCF berada di Jakarta, Bandung dan Surabaya sedangkan AF berada di berbagai daerah seperti di Medan, Padang, Bandar Lampung, Balikpapan, Denpasar.

Di perancis sendiri, bahasa perancis adalah satu satunya bahasa resmi perancis, selain itu terdapat pula berbagai bahasa regional seperti bahasa euskuadi, bahasa oc dan bahasa cataluna. Kedatangan para imigran juga menambah variasai bahasa yang dituturkan seperti bahasa portugis, arab magribi dan beberapa bahasa dari afrika dan asia seperti tionghoa, Vietnam dan camboja.

 

Visa & Titre de sejour

 

VISA

Visa ke Perancis dapat diperoleh di Kedutaan Perancis di Indonesia dengan beberapa persyaratan yang harus di penuhi.  pertama-tama anda diminta untuk membuat janji terlebih dahulu dengan pihak kedutaan.

Dokumen-dokumen yang harus di siapkan :

  • Foto ukuran 3.5 x 4.5 cm, berwarna dengan latar belakang putih, proporsi wajah minimal 70 % foto harus ditempel di formulir dan kusus bagi para pemakai jilbab: untuk menghindari kesimpangsiuran isu tentang pemakaian jilbab, disarankan Anda untuk foto tanpa jilbab
  • Photo copy paspor halaman pertama saja (yang ada identitas diri Anda)
  • Paspor asli untuk menempelkan visanya
  • Foto copy akte kelahiran beserta terjemahannya dalam bahasa perancis ( untuk penerjemah diminta penerjemah yg sudah diakui oleh kedutaan misalnya di A.Subandi/ email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it )
  • Bukti reservasi tiket pesawat (bukan tiket aslinya)
  • Surat keterangan penerimaan dari universitas di Perancis
  • Fotocopy ujazah terakhir dan terjemahan dalam bahasa perancis
  • Fotocopy surat keterangan kemampuan bahasa perancis/ DELF/ DALF
  • Proyek study yang disetujui oleh kampus di Perancis
  • Alamat tempat tinggal di Perancis
  • Harap di perhatikan secara seksama bahwa visa untuk etudiant/pelajar Berkode D dengan remarks CESEDA. Visa tersebut akan berlaku selama 3 bulan.


TITRE DE SEJOUR (titre de sejour)

 

Pernahkah anda mengalami hal ini : visa anda habis selama ada bemukim di luar negeri? Nah,,,di Negara Perancis siatuasi ini bias sedikit sederhana dengan adanya Titre de sejour. Titre de sejour  merupakan kartu identitas selama di Perancis ketika Visa sudah tidak berlaku. Pengurusan Titres de sejour dapat dilakukan di sekolah maupun di prefecture.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi :

  • Mengisi formulir
  • Melampirkan attestation dari sekolah
  • Melampirkan attestation bourse (bagi yang punya) atau sumber pembiayaan,
  • Attestation logement dan Timbre Fiscal 70 euro
  • Pas photo ukuran 3.5 x 4.5 cm, berwarna dengan latar belakang putih.

Dalam penantian menunggu titre de sejour, anda akan mendapatkan recipise yang fungsinya seperti Titre de Sejour .

 

Urusan Makan dan Tidur, Orang Prancis Jagonya

Sesuai dengan reputasi mereka sebagai ahli pencicip makanan yang sangat menyukai waktu luang, orang Prancis menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur dan makan dibandingkan siapapun di dunia, demikian hasil satu studi yang disiarkan pekan ini.

Rata-rata orang Prancis tidur hampir sembilan jam setiap malam, satu jam lebih lama dibandingkan rata-rata orang Jepang dan Korea Selatan, yang tidur paling sedikit seperti terungkap dalam survei atas 18 anggota Organisasi bagi Pembangunan dan Kerja Sama Ekonomi (OECD).

Dan meskipun makin banyak orang Prancis menikmati rangkaian makanan cepat saji belakangan ini atau dengan rakus melahap roti lapis di tempat kerja, mereka masih menghabiskan dua jam lagi sehari hanya untuk makan.

Itu berarti pola makan mereka dua kali lebih lama dibandingkan dengan rata-rata orang Meksiko yang hanya meluangkan waktu satu jam untuk menikmati makanan,

Perancis memang merupakan salah satu kota yang terkenal akan khazanah kulinernya, juga termasuk kota yang elegan dengan gaya memasaknya dan sangat konvensional karena metode memasaknya, gaya memasaknya, dan peralatan yang digunakan oleh orang-orang Perancis banyak ditiru dan digunakan oleh negara barat lainnya. Oleh karena itu kuliner di negara ini mempunyai nilai seni yang tinggi dan menjadikan negara ini mempunyai banyak makanan khas. Nilai seni dalam memasak ala Perancis menjadikan beberapa negara barat didunia banyak yang meniru gaya dan metode memasak ala Perancis. Karena selain masakannya yang unik negara Perancis juga mempunyai cara hidangan yang tidak dimiliki negara lain, berikut beberapa metode memasak, teknik  menghidangkan masakan, dan aneka masakan khas Perancis.

Metode Memasak dan Teknik Menghidangkan Masakan.

Metode memasak di Perancis, gaya memasak, dan peralatan yang digunakan dalam memasak mempunyai peran penting dalam keberhasilan memasak di Perancis yang membuat masakan ini terkenal di seluruh dunia. Jadi metode memasak dan peralatan yang digunakan dalam memasak ataupun dalam hidangan masakannya sangat diperhatikan oleh para koki di Perancis karena akan menentukan keberhasilan sebuah masakan.

Perancis memiliki budaya kuliner dengan etika di meja makan yang tetap dipegang hingga saat ini. Ada dua hal yang khas dalam kuliner Perancis yaitu bahan olahan dan penyajiannya.Sebagian besar masakan Perancis pasti melibatkan saus, anggur atau wine, daging ayam, butter atau krim. Dan semua itu adalah khas Perancis. Anggur atau wine digunakan digunakan sebagai penambah cita rasa. Pada saat proses memasak alkohol pada anggur akan menguap namun dengan aroma yang tetap. Inilah yang menjadi karakter masakan Perancis.Yang kedua adalah urutan penyajian hidangannya Perancis berbeda dengan negara lain. Yang pertama adalah makanan pembuka (appetizer/hors d’oeuvre) berupa sup, daging asap atau salad. Kedua makanan utama, makanan berbahan daging atau ikan, sayur dan nasi atau pasta. Ketiga yaitu penutup (dessert), biasanya selalu ada di rumah setiap hari seperti roti dan keju. Bisa juga ditambahkan cookis, buah-buahan dan es krim.

Rasa saus Perancis pada umumnya lebih elegan dari pada saus yang ada di restauran-restauran di seluruh dunia. Biasanya orang Perancis memperlihatkan keeleganan dengan dua ramuan utama, yaitu cream dan anggur.Ramuan lainnya yang biasa digunakan adalah daging atau ikan, mentega, tepung, tomat, wortel, bawang, lemak babi, tumbuhan, dan saus salam. Saus perancis yang sederhana adalah saus ikan dan saus daging, saus mentega, saus putih, dan saus coklat. Saus mentega sebagai contoh adalah hollandaise dan Bernaise.

Di Perancis makan malam yang terkenal dibagi menjadi lima sampai sepuluh hidangan utama. Makan malam dimulai dengan hors d’oeuvre (read : hor dovre) atau hidangan pembagkit selera. Biasanya adalah charcuterie berupa sosis. Pembangkit selera makan ini diikuti dengan sup yang menggunakana kaldu daging sapi. Yang dimasak dengan beberapa ramuan dan sayur-sayuran sehingga disebut sup julienne. (sup julieng) Kuah yang sangat khas di Perancis tentu saja adalah kuah Perancis yang disajikan dengan telur dan beraneka macam bumbu. Sedangkan kue-kue yang khas di Perancis yaitu mousse dan crepes. Mousse dibuat dari putih telur yg diberi warna menjadi coklat atau crème. Yang menarik adalah urutan dan teknik menghidangkan makanan tersebut. Dihidangkan satu persatu dan berurutan. Budaya kuliner ini menunjukan orang Perancis memiliki  kebiasaan makan slow food.

Masakan Khas Paris

Escargot (read: eskargo) merupakan masakan berbahan baku daging bekicot. Pengolahan bekicot ini begitu sederhana, hanya dengan bumbu jahe, cuka dan pemanis Creswell dan Kopiang. Daging bekicot kaya protein, dan cangkang bekicot kaya akan kalsium, dan dalam daging tersebut kaya akan asam amino.

Otriade (read : otriade) adalah rebusan ikan dari provinsi brittany di Perancis. Makanan ini terbuat dari berbagai jenis ikan, dan juga kentang. Dalam masakan ini terdapat kerang. Secara tradisional, makanan ini disediakan dengan menuangkannya ke roti Perancis.

Coq au vin (read : kogo vyn)adalah ayam jantan yang dimasak dengan wine, lardon, jamur, dan terkadang garlic.

Ratatouille (read : ratatui) adalah makanan semacam semur yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan biasanya dimakan dengan nasi, kentang atau roti.

Soupe à l’oignon gratinée ( sup a loanyong gratine) adalah sejenis sup bawang merah dan kuah daging sapi yang dihidangkan dengan crouton dan keju. Sup seperti ini telah dihidangkan sejak zaman romawi kuno, di Peancis pada abad ke 17 sup ini dibuat dari roti kering atau crouton, kuah daging sapi, dan bawang merah. Keju yang digunakan biasanya jenis gruyére. Salah satu hal yang membuat sup ini istimewa adalah karamelisasi bawang merah yang digoreng secara perlahan hingga berwarna coklat. Setelah itu ditambahkan cognac atau cherry.

Tarte flambêe (read : tart flambe) merupakan makanan yang berasal dari Alsace, region bagian timur Perancis. Kulitya dibuat dari tepung terigu yang telah diberikan isian, lalu dipanggang sampai mengembang dan matang.

Kota Paris sangat terkenal dengan masakannya yang khas dan unik selain itu orang-orang di Paris mempunyai cara dan metode sendiri dalam menghidangkan masakannya sehingga memasak menjadi nilai seni yang tinggi di kota ini. Orang Perancis mempunyai batas waktu makan malam yaitu dua jam dan mereka selalu mempunyai makanan pembuka seperti shampagne dan makanan penutup (dessert) seperti es krim dan crepes. Jadi banyaknya masakan khas Paris yang unik ini menjadikan kota ini mempunyai  seni kuliner yang tinggi.


Summarized by : Faira