Ceremonials and Traditions
PDF Print E-mail

 

Ceremonials & Custom Traditions

 

Apa saja yang khas di Jepang ???

Kebisaaan unik warga Jepang dalam menjalani keseharian mereka, makna dan filosofi dibalik tradisi yang telah dijalani sejak bertahun-tahun yang lalu. Sedikit perbandingan mungkin, kalau di Sumatra Barat ada sebuah kegiatan yang merupakan bagian dari tradisi budaya masyarakat Minangkabau, seperti Malamang, Turun Mandi, Batagak Gala, dan lain sebagainya. Di Jepang terdapat beberapa tradisi yang sudah ada dari berabad-abad yang lalu dan masih dilaksanakan hingga sekarang. Bagi masyarakat Jepang sendiri hal ini merupakan sesuatu yang sudah lumrah dan agak janggal rasanya jika tidak dirayakan.

Baiklah Classy People, pada sesi ini kita akan share beberapa aktivitas seremonial di Jepang.

 

Tea ceremony

Tea ceremony atau Upacara Minum The atau disebut juga dengan The Way of Tea biasanya menggunakan bubuk teh hijau yang biasa disebut chanoyu atau chadō atau juga di lafaz kan : sadō.

Teh diperkenalkan pada abad kesembilan oleh para pendeta budha. Sekitar abad ke-12 cara penyiapan teh ini disebut yang dengan tencha dimana teh hijau disajikan dalam mangkuk, lalu air panas dituangkan ,kemudian teh dan air panas diaduk bersamaan, diperkenalkan oleh pendeta jepang lainnya sekembalinya dari Cina. Dia juga membawa biji the yang akhirnya memproduksi teh dengan kualitas paling hebat diseluruh Jepang. Pada abad 16, upacara minum teh telah menyebar diseluruh Jepang sebagaimana The Way of Tea diperkenalkan.

Tahukah anda bahwa upacara minum teh ini ternyata ada sekolahnya juga loh, pendidikan ‘teh’ ini bahkan butuh waktu bertahun tahun dan ada banyak sekolah di Jepang yang mengajarkan seni menggelar upacara minum teh ini. Butuh waktu yang sangat lama untuk mempelajari ritual ini sebagaimana banyak hal juga untuk dipelajari seperti jenis the, dengan kimono, kaligrafi, menyusun bunga, membuat porselen, dupa, dan berbagai disiplin ilmu lain serta seni tradisional sebagai tambahan studi pada praktek the disekolah.

 

   

 

 

Onsen

Karena Jepang adalah sebuah pulau vulkanik, maka wajar kalau terdapat banyak  sumber hotsprings seluruh negeri dari utara ke selatan. Ada sekitar 150 Hotsprings dengan 14000 mata air individu. warisan alam ini telah digunakan oleh banyak orang Jepang sendiri, tidak hanya untuk perawatan medis namun ternyata juga sebagai ajang bersilaturahmi dan berkomunikasi dengan orang lain dan rileks. Dalam beberapa tahun terakhir keberadaan mata air panas telah menjadi bagian dari rehabilitasi medis modern dan penyembuhan.

Apa sih hotsprings ?

Hotsprings bukan sekedar saluran air yang berasal dari air hujan yang terpanaskan oleh magma bumi. Kebanyakan Hotsprings adalah mata air murni (di beberapa area tertentu dimana ketika inti bumi didinginkan dan melepaskan gas-gas dan uap air yang berubah menjadi sumber air panas) atau cairan fosil (ketika bentuk-bentuk kehidupan zaman dulu mati dan sisa sisanya berubah menjadi minyak atau air). “Peraturan Hotspring" ditandatangani di Syouwa 23 dan menyatakan sebagai berikut: 1) Suhu air harus lebih tinggi dari 25c. 2) Air harus mengandung jumlah minimum prerequired mineral dalam 1kg Hotspring air. Jadi jika air memenuhi kedua kriteria maka air yang dapat diklaim sebagai suatu Hotspring.

Ada berbagai macam Hotsprings untuk kegunaan yang berbeda dan kandungan yang berbeda : Simple Spring, Carbonate Springs, Salt Springs, Heavy Carbon Soil Springs, Mirabilite Springs, Saltine Sodium Hydrogen Carbonate Springs, Iron Springs, Acidic Springs, dll.

Orang Jepang selalu menikmati Hotsprings dan banyak tentang mata air yang sudah dikenal sebagai pengetahuan yang umum. Anda tidak perlu ahli untuk menikmati berendam di mata air ini, namun jika Anda tahu sedikit lebih banyak tentunya Anda bisa menikmati faedah sumber mata air panas ini secara lebih.

  • Berendam air panas memang baik bagi Anda tidak berarti Anda harus berendam dikolam air panas dalam waktu yang lama. Cobalah untuk berendam sekitar 2 atau 3 kali, berendamlah selama 30 menit setiap hari termasuk waktu membasuh badan anda (badan berada didalam kolam minimal 10 menit, dengan suhu air di atas 104F) Jika temperature air bawah 104F maka lebih baik untuk berendam lebih lama. kadar mineral air hangat yang ngilu2 kuku lebih baik untuk berendam  lebih lama. Jika suhu tinggi maka jangan pergi langsung ke dalam kolama, tapi hangat diri sebelum Anda masuk. Hal ini cukup bagus untuk dilakukan, setidaknya orang orang tahu kalau anda membersihkan diri terlebih dahulu. Karna orang yang masuk kolam tanpa membasuh badan terlebih dahulu dianggap mengotori kolam sama seperti halnya kencing didalam kolam.
  • Kolam air panas tidak hanya mengandung mineral penting naum tekanan air dan water-buovancy juga bagus untuk merangsang tubuh. Lepaskan diri anda dan cobalah mengambang didalam kolam, nikmati sensasinya. Hal ini diyakini akan membuat anda relax dengan men-simulasikan lingkungan dalam rahim seorang ibu. Pemanasan juga akn membuat pori pori anda terbuka dan bersih, dan mineral yang terkandung dalam air akan menyerap kotoran dikulit anda. Dengan berendam didalam kolam air panas tidak hanya membuat anda relax namun juga dapat menyeimbangkan system saraf anda.
  • Mineral yang terkandung dalam kolam air panas tidak akan langsung terserap kedalam badan anda hingga 6-7 jam kemudian. Dianjurkan agar anda membersihkan badan anda dengan air yang ada disana atau tinggallah sedikit lebih lama.
  • Air dari kolam air panas tidak hanya baik untuk berendam atau mandi, tapi juga bias diminum. Mineral yang terkandung didalamnya akan meransang metabolism tubuh. Namun demikian meminumnya secara berlebihhan juga tidak baik untuk kesehatan. Pastikan bahwa airnya benar2 diizinkan untuk dikonsumsi, lalu gunakan keran yang didisain untuk minum air, jangan meminumnya dalam satu tegukan, cobalahmeminumnya dalam rentang 30-50 menit. Kandungan Saltine, carbonate,sodium hydrogen carbonate , radium baik diminum setelah makan. Anda disarankan meminum air kolam air panas ini dalam keadaan perut kosong dan tidak sebelum tidur.

Berikut beberapa pemandian kolam air panas yang mungkin bias menjadi lokasi tujuan anda. Setiap pemandian air panas tentunya tidak sama, baik fiturnya, kandungan mineralnya, hingga sejarah yang ada didalamnya :

Semi Hotsprings (Yamagata)
Onogawa Hotsprings (Yamagata)

Tsuchiyu Hotsprings (Fukushima)

Oigami Hotsprings(Gunma)

Yubiso Hotsprings (Gunma)

Hanashiki Hotsprings (Gunma)

 

 

 

 

Hanami (sakura enjoyment)

Perayaan Hanami merupakan salah satu perayaan tahunan di negara Jepang yang hanya ada pada musim semi, tepatnya pada bulan April.

Perayaan Hanami ini adalah perayaan untuk melihat bunga sakura, yang merupakan Bunga khas dari negara Matahari Terbit. Hanami, merupakan perayaan yang diselenggarakan secara sederhana akan tetapi dengan kesederhanaanya itu, perayaan hanami justru menjadi kesenangan terbesar bagi orang-orang Jepang dalam setahun kehidupan mereka.

Budaya seperti ini yang sudah mulai luntur pada diri sebagian masyarakat Indonesia. Dewasa ini, masyarakat Indonesia, pada umumya masyarakat ekonomi kelas atas, lebih suka mencari kesenangan dengan cara menghambur-hamburkan uang, seolah kemewahan merupakan simbol mutlak dari kebahagiaan. Padahal dari kesederhanaan seperti yang yang terdapat pada perayaan hanami di Jepang itu juga bisa tercipta kebahagiaan tersendiri, karena pada saat perayaan hanami, orang-orang Jepang tidak hanya sekedar menikmati keindahan bunga sakura, akan tetapi orang-orang Jepang juga mempunyai waktu tersendiri untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Perayaan Hanami yang dalam sejarah berarti melihat-lihat bunga sakura, dalam perkembangannya perayaan ini lebih bersifat sebagai ajang rekreasi.

Bisa kita bayangkan kebahagiaan orang-orang Jepang pada saat mereka merasakan kehangatan berkumpul bersama keluarga diantara rimbun pepohonan sakura yang sedang mekar. Sebuah rekreasi keluarga dalam kehangatan budaya tradisional yang tidak goyah oleh hadirnya gaya hidup modern. Kenyataan ini sungguh berbeda dengan keadaan masyarakat Indonesia. Budaya Indonesia yang ketimuran justru mulai terkikis oleh hadirnya budaya-budaya barat yang menyebabkan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat kota, terkesan menjadi masyarakat yang individual. Mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan masing-masing, sehingga jarang mempunyai waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

Perayaan Hanami ini tidak bisa dianggap sebagai perayaan yang bisaa, karena meskipun sekedar menyaksikan mekarnya bunga sakura, dengan adanya perayaan hanami menunjukkan kecintaan masyarakat Jepang terhadap bunga sakura. Perayaan semacam ini mungkin tidak bisa kita jumpai di negara-negara lain, yang menakjubkan adalah masyarakat Jepang tetap melestarikan Budaya hanami, meskipun di era modern ini banyak pilihan tempat untuk bersantai bersama keluarga, misalnya dengan pergi ke tempat karaoke. Masyarakat Jepang tetap memilih berkumpul dan bersantai bersama keluarga di bawah pohon sakura sambil menikmati keindahan bunga sakura.

Keteguhan masyarakat Jepang dalam melestarikan budaya tradisional mereka, patut untuk diteladani. Tidak hanya hanami, kebisaaan berkirim nengajo (kartu pos) pada saat tahun baru dan menjelang musim panas juga tetap berlangsung ditengah masyarakat Jepang. Sekalipun kecanggihan teknologi telah memungkinkan mereka untuk meninggalkan kartu pos, tapi masyarakat Jepang masih melaksanakan budaya tradisional tersebut. Begitu juga ketika kecanggihan teknologi telah merambah masyarakat modern, hanya sebagian kecil dari mereka yang tetap menggunakan jasa kantor pos untuk berkirim kartu pos ataupun surat.

Mungkin kita dapat bercermin pada orang-orang Jepang bagaimana mereka tetap mampu melestarikan budaya tradisional tersebut. Karena dari hal-hal sepele seperti itulah akan tercipta kesempurnaan, akan tetapi kesempurnaan bukanlah hal yang sepele.

Secara umum bunga sakura bermekaran dimulai dari daerah selatan yang berudara lebih hangat, yaitu di pulau Okinawa, kemudian merambat ke utara, dan berakhir di Hokkaido. Pada sebuah web di internet pernah dijelaskan bahwa hikmah besar mengenai kehidupan ini tersimpan pada keberadaan bunga sakura. Di balik ukurannya yang mungil, bunga yang memiliki berbagai macam variasi warna, yang pada setiap tangkainnya berkembang lima hingga ratusan bunga ini telah memberi contoh pada kita bahwa hal-hal kecil jika dirangkai dalam sebuah untaian besar dapat memberi sebuah keindahan, dan hal-hal kecil berarti besar bila dipadukan. Bisa jadi karena beberapa keistimewaan yang terdapat pada bunga sakura itulah, mengapa orang-orang Jepang begitu antusias merayakan hanami untuk menyaksikan mekarnya bunga sakura yang hanya berlangsung selama tujuh sampai sepuluh hari.

  • Saat sakura berbunga, banyak sekali keluarga yg berpiknik dgn membawa bento’ (bekal makan siang) dan mereka sekalian bersilaturahim dgn kerabat dan teman2. kadang juga bertukar makanan. wah, senang sekali melihatnya, dibawah pohon sakura sambil membentangkan tatami (semacam tikar), menyanyi dan berfoto.
  • Hanami adalah kegiatan melihat bunga sakura. Karena bunga sakura merupakan bunga khas negara Jepang, dengan hanya mengatakan (Hanami) saja, semua orang akan langsung tahu bahwa yang dilihat pastilah bunga sakura.
  • Sakura adalah jenis bunga yang berkembang di seluruh pohon sakura, tetapi karena ciri khas bunga ini adalah mekar sebelum daun mudanya tumbuh, maka saat semua bunga mekar, seluruh pohon akan tertutupi hanya oleh bunga-bunga saja. Dan hal tersebut menjadi sebuah pemandangan yang indah untuk dinikmati setelah musim dingin yang panjang dan musim semi datang, semua orang sangat menantikan mekarnya bunga sakura.

 

Kemudian orang-orang bersama keluarga, teman sejawat ataupun sahabat akan bersama-sama duduk dibawah pohon sakura yang sedang berbunga sembari makan, minum ataupun berkaraoke. Hal seperti itu berlangsung di setiap daerah di seluruh Jepang dan merupakan kesenangan terbesar orang Jepang dalam 1 tahun kehidupan.

Seppuku (harakiri)

Seppuku (切腹) merupakan salah satu adat para samurai, terutama jenderal perang pada zaman bakufu yang merobek perut mereka dan mengeluarkan usus mereka agar dapat memulihkan nama mereka atas kegagalan saat melaksanakan tugas dan/atau kesalahan untuk kepentingan rakyat.

Seppuku lebih dikenal dengan istilah harakiri (腹切り, "merobek perut") yang juga ditulis dengan huruf kanji sebagaimana penulisan pada seppuku, tapi menggunakan urutan terbalik dengan okurigana. Pada tradisi Jepang, istilah seppuku lebih formal. Harakiri merupakan istilah yang secara umum dikenal dalam bahasa Inggris, dan sering kali disalah-tuliskan dengan "hari kari".

    

Seppuku sebagai hukuman peradilan resmi dihapuskan pada tahun 1873, tak lama setelah Restorasi Meiji, namun aksi sukarela seppuku tidak sepenuhnya habis. Puluhan orang yang diketahui telah melakukan seppuku sejak saat itu, termasuk beberapa orang militer yang bunuh diri pada 1895 sebagai protes terhadap kembalinya wilayah ditaklukkan ke Cina oleh Jenderal Nogi dan istrinya pada kematian Kaisar Meiji pada tahun 1912, dan oleh tentara dan warga sipil banyak yang memilih untuk mati daripada menyerah pada akhir Perang Dunia II. Perilaku ini telah banyak dipuji oleh propaganda, yang membuat banyak prajurit ditangkap dalam Insiden Shanghai (1932), yang kembali ke lokasi penangkapan untuk melakukan seppuku.

Pada tahun 1970, penulis terkenal Yukio Mishima dan salah satu pengikutnya berkomitmen melakukan aksi seppuku didepan publik di markas Pasukan Bela Diri Jepang setelah upaya mereka gagal dalam menghasut angkatan bersenjata untuk melancarkan kudeta. Mishima melakukan seppuku di kantor Jenderal Kanetoshi Mashita. Kedua, Masakatsu Morita, 25-tahun, mencoba tiga kali untuk ritual memenggal kepala Mishima tapi gagal; kemudian mencoba untuk melakukan seppuku sendiri. Meskipun luka sendiri terlalu dangkal untuk menjadi fatal, dia memberi sinyal dan dia juga dipenggal oleh Hiroyasu Koga.

   

Tantō adalah pedang pendek dan tunggal yang ukurannya berkisar dari 15 – 30 cm dan bermata 2 dikedua sisi mata pisaunya. Senjata ini didisain untuk menikam lawan, sisinya yang tajam juga dapat digunakan untuk memotong. Tantō muncul pada periode Heian. Pada awalnya Tantō hanya digunakan sebagai senjata, namun kemudian nilai estetikanya muncul sehingga diproduksi massal.

Tanto umumnya ditempa di hira-zukuri, yang berarti bahwa sisi mereka tidak memiliki jalur punggungan dan hampir datar, tidak seperti struktur shinogi-zukuri dari katana (sejenis samurai). Beberapa tanto yang dibuat dengan penampang sangat tebal untuk keperluan armor-piercing, dan disebut yoroidoshi.

Tanto sebagian besar dibawa oleh samurai, namun tidak sering digunakan. Kaum perempuan kadang-kadang membawa tanto kecil yang disebut kaiken di obi mereka, penggunaannya ebih kepada pertahanan diri.

 

Fashion

Menurut anda Harajuku itu apa ? Kota ? Perfektur ? Nama Jalan ? or what.....??

Harajuku (原宿?) adalah sebutan populer untuk kawasan di sekitar Stasiun JR Harajuku, Distrik Shibuya, Tokyo. Kawasan ini terkenal sebagai tempat anak-anak muda berkumpul. Lokasinya mencakup sekitar Kuil Meiji, Taman Yoyogi, pusat perbelanjaan Jalan Takeshita (Takeshita-dōri), department store Laforet, dan Gimnasium Nasional Yoyogi.

Sekitar tahun 1980-an, Harajuku merupakan tempat berkembangnya subkultur Takenoko-zoku. Sampai hari ini, kelompok anak muda berpakaian aneh bisa dijumpai di kawasan Harajuku. Selain itu, anak-anak sekolah dari berbagai pelosok di Jepang sering memasukkan Harajuku sebagai tujuan studi wisata sewaktu berkunjung ke Tokyo.

Sebetulnya sebutan "Harajuku" hanya digunakan untuk kawasan di sebelah utara Omotesando. Onden adalah nama kawasan di sebelah selatan Omotesando, namun nama tersebut tidak populer dan ikut disebut Harajuku.

Istilah "Harajuku Girls" telah digunakan oleh media berbahasa Inggris untuk menggambarkan remaja berpakaian gaya busana apapun yang berada di area Harajuku. Fashion jenis ini menerapkan berbagai tampilan dan gaya yang nyentrik untuk menampilkan sebuah disain pakaian yang sangat unik dan tidak bisaa. Tampilan cyber-punk mengambil pengaruh dari fashion gothic dan menggabungkan warna neon dan logam.

Gaya punk di Harajuku lebih kepada fashion attraction daripada prinsip hidup yang idealis. Gaya fashion nya sendiri terutama terdiri dari warna gelap, kotak-kotak, rantai, dan ritsleting. Gaya punk juga merupakan salah satu mode yang lebih netral gender di Harajuku.

Ganguro adalah style yang melambangkan remaja Amerika kebanyakan. Istilah ini diterjemahkan menjadi 'berwajah hitam'. Penampilan dasar adalah apa yang disebut 'California Girls’, dengan rambut memutih, kulit gelap, bulu mata palsu dan kuku. Tidak jelas bagaimana Ganguro sampai datang ke Jepang. Namun banyak yang beranggapan berasal dari awal 1990-an, ketika Janet Jackson menanjak populer. Momentum ini juga telah ditafsirkan sebagai bentuk pemberontakan kaum muda melawan ide-ide tradisional Jepang kecantikan (kulit pucat, rambut gelap, dll)
Style harajuku lainnya adalah Cosplay. Cosplay lebih seperti style berdasarkan kostum. Seorang penggemar cosplay bisaanya akan berpakaian seperti karakter fiksi atau iconic dari sebuah band, actore theater, film, anime, atau manga.

     


Ada lagi yang namanya spot Ura-Hara. Ura-Hara adalah sisi lain dari Harajuku, komunitas yang eksis disini adalah kebanyakan kaum muda laki laki yang tertarik pada hip hop, graffiti, dan skater-culture. Ura-Hara dinilai sebagai kebalikan dari Harajuku dan cendrung lebih tersembunyi dan reserved.

Beberapa area tongkrongan anak muda di Tokyo :

Shibuya, bagian kota Tokyo yang trendy sekali dimana anda bisa menyaksikan fashion yang paling menghebohkan dan terbaru.

Shinjuku, sisi Tokyo yang terkenal dengan shopping town dan kebhidupan malamnya

Odaiba, Sebuah pusat perbelanjaan yang terkenal populer dan tujuan wisata untuk para Tokyoites (visitors) dan turis.

Ginza, dianggap area fashion dari Tokyo dan banyak terdapat toko-toko pasar atas dan restoran.

Roppongi, terkenal dengan kehidupan malamnya dimana ribuan orang asing melebur dengan masyarakat Jepang menikmati malam yang panas. Hamper semua klub dan restoran melayani dalam berbahasa inggris.

 
Featured Info : Classy People, anda masih ingat kan ketika bulan lalu kita jalan jalan ke Prancis, dan ternyata masyarakat Prancis yang sama sekali tidak ramah itu tidak tertarik melayani pembicaraan anda dalam bahasa inggris, betapa mereka tidak menyukai orang orang yang berbahasa inggris. . . .nah, di Jepang - walopun kita tahu bahwa Prancis dan Jepang adalah 2 negara didunia yang sangat bangga dengan bahasa dan kebudayaan mereka – respon masyarakatnya jauh lebih ramah, malah sebaliknya jika anda berlibur dengan modal nekat ke Jepang, dimana anda sama sekali payah berbahasa jepang sementara anda jago sekali berbahasa inggris, dinegeri sakura ini sembari anda liburan anda dapat memberi kursus bahasa inggris loh, dibayar malah. Menurut salah satu situs traveling yang cukup terkenal www.lonelyplanet.com anda dapat berkunjung ke Jepang dengan panduan seadanya, namun anda secara financial anda akan tetap aman berkat skill berbahasa inggris anda, anda tidak akan kelaparan apalagi harus menginap di jalanan. Bayangkan, Anda bisa mendapatkan hingga 255.000 Yen ($ 2.600 *) per bulan dan berhak untuk liburan sekolah yang ada 14 hari sepanjang tahun. Yang berarti ada banyak waktu dan uang untuk berendam air panas, sushi dan eksplorasi setelah Jepang lebih jauh lagi. Siap untuk pergi tapi tidak yakin untuk berapa lama Anda bisa pergi? Tidak masalah! Kontrak bervariasi dari hanya 7 bulan sampai 12 bulan tergantung pada saat Anda berangkat.More info : http://www.onlinetefl.com/tefl-jobs-abroad/tefl-japan.html

 

Summarized by : Rain

 
pupupu