Hari Pertama di Sekolah
PDF Print E-mail

Hari Pertama Sekolah


Terdapat macam – macam reaksi yang di timbulkan anak – anak saat menginjakkan kaki untuk pertama kali nya di sekolah. Walaupun mereka awalnya seolah excited, namun sesampainya di sekolah mereka sering menunjukkan perilaku yang tidak sesuai, seperti menangis, ingin pulang, mengamuk, bahkan mengompol. Strategi apa yang dapat dilakukan orang tua menyikapi hal ini?

Hal ini boleh dikatakan normal bila terjadi pada awal – awal masuk sekolah. Bahkan orang dewasa pun mengalami masa – masa seperti ini, walaupun tidak sampai menunjukkan ‘bukti fisik’ seperti ngompol, menangis dan lain sebagainya. Hal ini wajar, mengingat anak membutuhkan rasa aman, dan sekolah sebagai tempat baru seolah tidak “menjanjikan” sebagai tempat yang aman karena dipenuhi orang – orang baru. Orangtua harus mengupayakan agar anak dapat bertahan di sekolah, dengan cara mempertahankan semangat anak untuk melewati hari- hari pertamanya.  Ada beberapa langkah yang dapat membantu anda mewujudkan wonderful day bagi si anak di rumah:

  1. mempersiapkan anak jauh hari sebelum mereka masuk sekolah. Seperti mengajak anak melihat lokasi sekolah, mengenal kan anak – anak dengan guru, dan calon – calon teman sekelasnya.
  2. menanyai anak tentang aktivitas yang dilakukan si anak di sekolah dengan antusias
memuji anak atas prestasi yang ia dapatkan di sekolah, yang juga dapat merangsang keinginan untuk kembali berprestasi di masa mendatang.
 
pupupu