Japan, Now & Then
PDF Print E-mail

Classy People, budaya Jepang telah berkembang jauh dari asal-usulnya. Budaya kontemporer yang berkembang sekarang telah menggabungkan pengaruh dari Asia, Eropa dan Amerika Utara. Kesenian tradisional Jepang meliputi kerajinan seperti keramik, tekstil, vernis, pedang dan boneka, pertunjukan teatrikal bunraku, kabuki, noh, tari, dan rakugo, serta ritual lainnya seperti; upacara minum teh, ikebana, seni bela diri, kaligrafi, origami, onsen, Geisha dan berbagai macam permainan. Jepang mengembangkan sistem perlindungan dan promosi property kedua Properti Budaya baik yang berwujud dan tidak berwujud serta Nasional Treasures. Enam belas situs budaya telah terdaftar di Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Kuil kuil dari Ise telah dinobatkan sebagai prototipe arsitektur Jepang. Kuil ini sebagian besar dari berbahan dasar kayu, banyak perumahan tradisional dan bangunan candi memanfaatkan penggunaan tikar tatami dan pintu geser yang memisahkan antar kamar dan ruang dalam dan luar. Pahatan Patung Jepang, sebagian besar dari kayu, dan lukisan Jepang termasuk yang tertua dari kesenian Jepang, dengan berbagai lukisan figuratif yang muncul kembali diawal 300 SM. Pameran sejarah lukisan Jepang memadukan antara keindahan estetika Jepang asli dengan karya-karya yang mengadaptasi ide-ide impor. Interaksi antara seni Jepang dan Eropa sangat signifikan: misalnya cetakan ukiyo-e, yang mulai diekspor pada abad ke-19 dalam gerakan yang dikenal sebagai Japonism, memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap perkembangan seni modern di Barat, terutama pada pasca-Impresionisme. Seniman ukiyo-e yang cukup terkenal diataranya termasuk Hokusai dan Hiroshige. Nah, perpaduan dari gaya mencetak seni woodblock tradisional dan seni Barat melahirkan Manga, model buku komik yang sekarang populer di dalam dan di luar Jepang. Manga-dipengaruhi animasi untuk televisi dan film disebut anime. Sementara itu kemudian konsol video game buatan Jepang telah populer sejak tahun 1980-an.

Musik Jepang adalah eklektik dan sangat variatif. Berbagai instrumen, seperti koto, diperkenalkan pada abad 9 dan 10. Disertai resitatif dari drama Noh yang berasal dari abad ke-14 dan musik rakyat populer, dengan gitar seperti shamisen, dari abad ke-16. Musik klasik Barat baru diperkenalkan pada akhir abad 19 yang sekarang merupakan bagian yang terintegrasi dari Jepang budaya modern. Pengadilan kekaisaran ansambel Gagaku telah mempengaruhi karya beberapa komposer Barat modern. Komposer klasik yang terkenal dari Jepang termasuk Toru Takemitsu dan Rentaro Taki. Musik populer Jepang hari ini pun sudah sangat dipengaruhi oleh tren Amerika-Eropa pasca perang dan telah menyebabkan evolusi musik populer J-pop, atau Musik Populer Jepang. Karaoke telah menjadi aktifitas yang sangat jamak di Jepang dan dinikmati secara luas di berbagai lapisan masyarakat. Sebuah survei tahun 1993 oleh Badan Urusan Kebudayaan menemukan bahwa aktifitas karaoke-ria  di Jepang yang lebih lebih popular ketimbang berpartisipasi dalam kegiatan tradisional seperti merangkai bunga (ikebana) atau upacara minum teh.

Karya-karya awal sastra Jepang termasuk Kojiki dan Hikayat Nihon Shoki serta antologi puisi Man'yōshū, semuanya ditulis pada abad ke-8 dalam huruf Cina. Pada awal periode Heian, sistem phonogram (hamper seperti pronounciation) di Jepang yang dikenal sebagai kana (hiragana dan Katakana) dikembangkan. Kisah Pemotong Bambu dianggap sebagai cerita paling tua di Jepang. Sebuah episode dari kehidupan istana Heian dikisahkan dalam The Pillow Book oleh Sei Shōnagon, sementara The Tale of Genji oleh Murasaki Shikibu sering digambarkan sebagai novel pertama di dunia. Selama periode Edo, chōnin ("orang kota") mendahului bangsawan samurai sebagai produsen dan konsumen sastra di sejarah Jepang. Popularitas dari karya Saikaku, misalnya, mengungkapkan perubahan pada kalangan pembaca dan penulis, sementara Basho memperbarui dan merevisi tradisi puitis dari Kokinshū dengan karya haikai (haiku) dan merekam perjalanannya puitis Oku no Hosomichi. Era Meiji menilai penurunan bentuk-bentuk sastra tradisional sebagai pengaruh sastra Jepang yang telah dipengaruhi oleh Barat. Natsume Soseki dan Mori Ōgai adalah novelis modern pertama Jepang, kemudian diikuti oleh Akutagawa Ryunosuke, Jun'ichirō Tanizaki, Yasunari Kawabata, Yukio Mishima, dan baru-baru ini, Haruki Murakami (pernah baca Norwegian Woods, Classy People, novel ini sudah di terjemahkan dalam 60 bahasa didunia). Hingga sekarang Jepang memiliki dua pemenang Hadiah Nobel Yasunari Kawabata penulis-(1968) dan Kenzaburo Oe (1994).

Kuliner yang paling pokok dan primer di Jepang adalah beras Jepang. Pada era modern awal diperkenalkan berbagai penganan lainnya seperti daging merah yang sebelumnya belum terlalu familiar di Jepang. Masakan Jepang menawarkan serangkaian panjang dari spesifikasi daerah yang menggunakan resep tradisional dan bahan-bahan lokal. Apa saja makanan Jepang yang anda ketahui, Classy People? Apakah anda pernah mencobanya??

Secara tradisional cultural , sumo dianggap olahraga nasional Jepang. Seni bela diri Jepang lainnya  seperti judo, karate dan kendo juga banyak dipraktekkan dan dinikmati oleh penonton di negeri ini. Setelah Restorasi Meiji, olahraga Barat banyak diperkenalkan di Jepang dan mulai menyebar melalui sistem pendidikan. Jepang menjadi tuan rumah Olimpiade di Tokyo pada tahun 1964. Jepang telah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin dua kali:. Nagano pada tahun 1998 dan Sapporo pada tahun 1972. Liga bisbol profesional Jepang didirikan pada tahun 1936. Hari bisbol adalah olahraga tontonan yang paling populer di negeri ini. Sejak berdirinya Jepang Profesional Football League pada tahun 1992, asosiasi football ini mendapatkan pengikut yang luas. Jepang bahkan menjadi venue untuk Piala Intercontinental pada tahun 1981-2004 dan co-host Piala Dunia 2002 dengan Korea Selatan. Jepang juga memiliki salah satu tim sepak bola paling sukses di Asia yang telah memenangkan Piala Asia empat kali. Dan baru baru ini, Jepang baru saja memenangkan Piala Dunia Wanita FIFA tahun 2011. Olah raga Golf juga populer di Jepang, demikian juga olah raga lainnya seperti balap mobil super GT dan Formula Nippon.

Belakangan ini, kebanyakan masyarakat Jepang, baik anak anak maupun orang dewasa cendrung tertarik dengan berbagai perkembangan teknologi hiburan, termasuk bermain game konsol serta berinteraksi di berbagai social networking dengan layanan internet. Pengembangan teknologi di Jepang pun bahkan mencakup berbagai aspek dalam kehidupan masyarakatnya. Sebagai contoh, orang jepang sangat terobesesi dengan kebersihan, gadget yang tidak biasa seperti toilet elektronik pun diciptakan aktifitas tersebut.

Jepang cukup popular dengan industry otomotof dan elektronik diseluruh dunia dan termasuk salah satu Negara terkemuka didunia dibidang penelitian ilmiah, teknologi, mesin, hingga penelitian medis. Negara ini memiliki anggaran terbesar ketiga didunia dalam hal penelitian dan pengembangan teknologi, lebih kurang $ 130.000.000.000 dan melibatkan sekitar 677 731 peneliti. Dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan ini Jepang telah meraih Penghargaan Nobel Asia. Di Negara ini juga perusahaan industri besar berskala internasional tumbuh dan berkembang, seperti Fuji, Sony, Panasonic, Canon, Fujitsu, Hitachi, Sharp, NEC, Epson dan Toshiba. Jepang memimpin dunia dalam teknologi robotika,dan telah  membuat lebih dari setengah robot industri di dunia digunakan diberbagai perusahaan  manufaktur. Jepang pun juga telah membuat berhasil membuat berbagai kemajuan dalam penelitian ruang angkasa dan eksplorasi ruang angkasa. Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) telah melakukan penelitian ruang angkasa dan planet, penelitian penerbangan, dan pengembangan roket dan satelit. Badan penelitian ini telah mengembangkan serangkaian roket, yang terbaru dan paling kuat yang adalah H-IIB.

   

Hingga kini  Jepang telah jauh unggul di lima bidang teknologi, teknologi ruang,teknologi transportasi dan mobil, teknologi medis, teknologi robot dan bahan pengolahan air. Dalam teknologi medis  Jepang memimpin pada kamera terkecil yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia untuk mendeteksi masalah sebelum menyebar. Sementara itu dibidang pengolahan air, para ahli Jepang telah menciptakan sebuah filter yang dapat mengubah air laut menjadi air tawar, yang digunakan di lebih dari 40 negara di seluruh dunia.

 

Summarized by : Rain