Get Away in Sahara
PDF Print E-mail

Get Lost in The Dessert. . . .

 

Classy People, Pernahkah anda membayangkan jalan-jalan di padang gurun dengan unta, mengunjungi Sphinx dan Piramida keramat dan menyimpan berjuta misteri, Dilanjutkan dengan makan malam dengan penduduk local Nubia di kampung tradisional Nubia, kemudian dilanjutkan dengan berpesiar disepanjang sungai Nil dengan felucca (perahu layar tradisional Sungai Nil), terkagum kagum oleh kuil Karnak yang menakjubkan, menjelajahi Lembah Raja, berbelanja dan menawar barang barang menarik di banyak Souq (pasar & spot belanja) di Kairo. Bersenang senang dalam cita rasa sejarah Mesir, berbagai keindahan dan warna warni dan sebagainya dalam liburan singkat dan mengesankan di sepanjang sungai terpanjang didunia.

Nah, sebelum anda siap siap untuk merencanakan perjalanan anda, kita pengen bagi bagi tips dulu buat anda yang merencanakan perjalanan religi ataupun perjalanan wisata dibulan puasa ini. Beberapa tips mungkin dapat berguna bagi anda yang Non-Muslim yang berencana melakukan perjalanan ke Negara Negara yang mayoritas Muslim lainnya seperti Indonesia, Turki, Mesir, dan Maroko.:

Know the basics

Ramadhan adalah bulan Lunar yang yang didedikasikan untuk Sawm, atau berpuasa, dan merupakan salah satu dari lima rukun islam.dari matahari terbit hingga terbenam, umat muslim tidak makan dan minum, merokok, melakukan hubungan sex, namun lebih berkonstentrasi pada pembaruan diri secara spiritual. Setelah matahari terbenam, ada euphoria buka puasa, atau makan, untuk berbuka, kemudia dilanjutkan dengan perayaan spiritual lainnya lalu sahur (makan sebelum matahari terbit) dan melanjutkan puasa lagi. Berkegiatan dibulan puasa tidaklah mudah, hamper semua orang memperlambat siang hari – namun anda akan tetap melihat orang orang berbuat lebih untuk melakukan berbagai kebaikan.

Plan Ahead

Sebagaimana liburan lainnya, Ramadan memepengaruhi aspek bisnis, banyak tempat beroperasi pada jam yang terbatas dan jumlah staff yang terbatas pula. Cobalah memesan kebutuhan akomodasi, transportasi, dan tur melalui internetatau mengkonfirmasi via telepon sebelum anda tiba. Diberbagai instansi, baik swasta dan pemetintah, anda tetap perlu mengkonfirmasikan kehadiran anda, setidaknya untuk memastikan bahwa seseorang akan ada untuk memenuhi keperluan anda ditempat. Sebagian besar restaurant dan rumah makan barangkali tutup pada siang hari, jadi bawalah makan siang anda.

Shift Your Schedule

Aktifitas masyarakat kembali memuncak tepat sebelum waktu tidur selama Ramadan. Jalan jalan kembali hidup dan diramaikan dengan kerlap kelip lampu dimana mana, music, dan berbagai makanan ringan serta manisan disetiap persimpangan. Setelah detik berbuka puasa, Masyarakat dari berbagai umur turut riuh dalam perayaan ini, berbagai, makanan dan minuman, manisan, sup gurih larut dalam kebersamaan malam Ramadan. Suasana semarak ini berlanjut hingga tengah malam, hingga anda tidak perlu buru buru bangun esok paginya, kecuali anda harus berbelanja. Took took sering tutup pada siang hari, sehingga tawar menawar lebih ideal dilakukan saat sebelum tengah hari. Namun begitu matahari mulai turun, suasana berubah optimis dengan pernak pernik Ramadan dimana mana dan aroma menggoda memenuhi jalanan.

Get In To Ramadan Spirit

Larut dalam suasana Ramadan setempat? Kenapa tidak? Bagi anda yang non muslim, anda tidak akan diwajibkan untuk berpuasa, tentu saja, bahkan wisatawan muslim sekalipun, karena beberapa pertimbangan khusus semisal sulit untuk berpuasa ditempat asing. Bagi anda yang tidak sanggup berpuasa, setidaknya tunjukan support anda dengan tidak makan / minum di tempat umum, dan menghargai serta memberikan privasi bagi umat muslim untuk melakukan ibadah.

Accept Hospitality

Ketika seorang rekan menawarkan kurma dan manisan berbuka atau menawarkan anda untuk berbuka bersama keluarga mereka, maka terima sajalah, karena penolakan sekecil apapun akan sangat menyakitkan. Jika anda tidak suka, anda tidak diwajibkan untuk balas budi, anda tidak harus menghabiskan manisan, namun cukup dengan menerima kemurahan hati si tuan rumah saja. Kebaikan dapat dilakukan dengan membayar zakat atau memberikan sumbangan tertentu ke badan amal setempat.

Kota kota eksotik di Mesir telah menjadi tujuan favorit banyak turis diseluruh belahan dunia, mungkin termasuk anda juga. Pemerintah kota setempat juga berpartisipasi terkait dalam promo tempat wisata local. Pemerintah kota ingin menunjukkan kepada anda tentang Luxor, kota kuno yang memiliki museum open-air dan bahkan tak ada satu tempat pun didunia yang mampu menandingi kemegahan Thebes Kuno.

Mengunjungi tempat tempat wisata kuno di mesir, anda beresiko akan dikerubuti oleh guide local amatir yang menawarkan paket perjalanan ke kuil kuil dan makam melalui perjalanan kilat. Namun dengan sedikit perencanaan dan fleksibilitas, sangatlah mungkin untuk menghindari hal hal terburuk dari kekacauan seperti ini dan menikmati mesir all out sesuai keinginan anda, mulai dari hamparan daratan Theba hingga warisan arkeologi yang tak tertandingi.

Berikut beberapa highlights yang dapat membantu anda untuk memperoleh apa yang seharusnya anda nikmati ketika berlibur ke Mesir :

Di Wilayah Timur

Kuil Karnak. Bukan sekedar kuil, Karnak adalah komplek tempat peribadatan yang luar biasa, kiosk, tiang tiang dan obelisk yang didedikasikan untuk Dewa Theba dan kejayaan terbesar Fir’aun. Semuanya dalam ukuran raksasa, situs wisata yang mencakup hingga 2 km persegi  cukup luas untuk menampung hingga 10 katedral, sementara bangunan utamanya, Kuil Amun, tercatat sebagai bangunan peribadatan terbesar yang pernah dibangun.

Kuil Luxor. Sebagian besar dibangun oleh kerajaan baru fir’aun Amenhotep III (1390–1352 SM) dan Ramses II (1279–1213 SM), Kuil Luxor adalah monument kuno yang anggun dan mencolok yang ada di jantung kota modern. Anda dapat mengunjungi kuil ini begitu kuil ini dibuka, sebelum tiba keramaian atau setelah matahari tenggelam saat bebatuan berpendar. Kapanpun anda berkunjung, pastikan anda kembali saat malam ketika kuil masih menyala.

 

   


Museum Mumifikasi. Masih bertempat di area Luxor,museum mumifikasi yang kecil ini mempertontonkan serta memberikan penjelasan terkait dengan seni mumifikasi. Di museum ini ditampilkan mumi yang telah terawetkan dengan baik dari dinasti 21, pendeta tinggi Amun, Maserharti, dan sejumlah binatang yang dimumikan. Disini juga ditunjukkan peralatan  dan bahan bahan yang digunakan dalam proses mumifikasi, lihat juga sendok dan spatula besar yang digunakan untuk mengorek otak keluar dari tengkorak.

Di Tepi Barat

Lembah Raja. Sebelumnya disebut dengan Necropolis Besar dari jutaan Tahun Fir’aun, atau Tempat Kebenaran (Place of Truth), Lembah Raja memiliki 63 makam kerajaan megah dari Periode Kerajaan Baru (1550–1069 SM), semuanya berbeda satu sama lain. Tepi Barat telah menjadi kompleks pemakaman sejak Periode Menengah Pertama (2160–2025 SM) hingga seterusnya. Di area ini, termasuk juga Makam Thutankhanum yang tersohor pada masanya.

Lembah Ratu. Setidaknya terdapat 75 makam di Lembah Ratu. Termasuk para ratu dari dinasti ke 19 dan 20 serta anddota lain keluarga kerajaan, termasuk putrid dan pangeran ramses. Sejauh ini tercatat hanya 2 makam yang dibuka, dan makam Nefertari ditutup untuk kedepannya, namun replica makamnya akan segera dibangun.

 

   


What else is there to do and see (beyond ancient sites) ?

Mengendarai Balon. Terbang dengan menggunakan balon udara dan melihat matahari terbit diatas monument kuno di Tepi barat dan pegunungan Theba merupakan atraksi yang menarik untuk memulai hari anda. Sayangnya, pada tahun 2009 sebuah balon udara hancur setelah menabrak menara telepon selular dan mengakibatkan beberapa wisatawan terluka. Sehingga hanya beberapa balon saja yang diizinkan untuk terbang. Beberapa perusahaan swasta seperti Hod Hod Sulaiman, Sky Cruise Mesir, dan Sinbad Balon menawarkan penerbangan pagi dengan harga yang bervariasi, biasanya tergantung berapa orang yang naik. Anda diharapkan untuk membayar dari € 80 sampai € 150 per orang, namun anda masih bias menawar.

Wahana Keledai, kuda dan unta wahana. Berpelesir mengendarai kuda, keledai atau unta melintasi ladang dan melihat matahari terbenam di balik perbukitan Theba adalah hal yang menyenangkan dan sangat saying kalau terlewatkan. Anak-anak muda setempat ditepi barat banyak menawarkan wahana unta seharga £30 hingga £40 selama satu jam, tetapi waspadalah. Ada banyak laporan wanita yang diusik, dan di-charge lebih banyak ketika selesai. Hotel-hotel di Tepi Barat juga menawarkan perjalanan dengan unta, meliputi kunjungan ke desa-desa terdekat untuk sekedarminum teh, dan jalur keledai sekitar Tepi Barat. Perjalanan ini, yang dimulai sekitar 07:00 (kadang-kadang 5:00) dan selesai pada saat mendekati makan siang, biaya minimal sekitar £ 50 per orang.

 

 

   


Naik Felucca. Sebagaimana tempat lain di Mesir, tempat terbaik untuk menghabiskan sore hari adalah Sungai Nil. Naik felucca dari tepian, dan berlayar selama beberapa jam, nikmati cahaya sore yang lembut dan matahari terbenam yang menenangkan sambil merasakan angin sore yang sejuk menerpa wajah anda. Harga berkisar antara Felucca £30 £50 per perahu per jam – sekali lagi – tergantung pada kemampuan tawar-menawar Anda. Perjalanan felucca yang cukup populer akhir akhir ini adalah ke hulu untuk Banana Island, sebuah pulau kecil sekitar 5km dari Luxor. Perjalanan memakan waktu dua sampai tiga jam. Rencanakan perjalanan anda sedemikian rupa sehingga Anda dapat kembali tepat waktu untuk menonton matahari terbenam di ufuk barat Nil brilian dari perahu. Beberapa pelancong mengeluhkan  kebiasaan kapten felucca yang menambah uang tambahan untuk 'masuk' ke pulau, pastikan Anda mendapat informasi yang cukup jelas mengenai apa saja yang anda peroleh dari uang yang anda bayarkan.

Berenang. Setelah berpetualang dari pagi yang panas mengarungi makam dan kuil, maka berenang di kolam renang tentunya akan berasa seperti surga. Sebagian besar hotel besar dan beberapa tempat bonafit memiliki kolam renang. Para Iberotel (Peta pp244-5; Syariah Khaled Ibn Walid) memiliki kolam besar pada sebuah ponton di Sungai Nil yang dapat digunakan hanya dengan £50, seperti halnya hotel Isis terdekat seharga £30. Joseph St, Karnak, Windsor, Domina Inn Emilio dan hotel Arabesque memiliki kolam renang atap kecil yang dapat Anda nikmati seharga £20 atau Camp Rezeiky yang sedikit lebih besar kolam seharga £15.

Anda masih di mesir untuk beberapa hari kedepan, padahal anda sudah menjelajahi seluruh pelosok sightseeing-nya, namun ada beberapa spot menarik yang bias anda kunjungi selagi di Mesir :

Piramida dan Sphinx
Di Mesir terdapat kurang lebih 97 Piramida yang tersebar di seantero Mesir. Piramida yang terkenal adalah 3 Piramida,yang terletak di Provinsi Giza, Piramida tersebut adalah: Piramida Cheops, Piramida Chepren dan Piramina Mycherinos.
Piramida Cheops adalah piramida terbesar yang dibangun oleh Raja Cheops pada tahun 2690 SM. Tingginya mencapai 146 M, tapi karena dimakan usia tersisa hanya 136 M. Piramida Chepren dibangun oleh Putra Raja Cheops pada tahun 2650 SM, tingginya 136 m, panjang sisinya 214 m. Lalu, Piramida Micherinous dibangun oleh Cucu Raja Cheops yang bernama Mycherinous pads tahun 2800 SM, tingginya 82 m, panjang alslnya 104 m. Sphinx adalah patung singa yang berkepala manusia. Dibangun oleh Raja Chepren pada tahun 2650 SM. Panjangnya 57 m dengan tinggi 20 meterletak sekitar <200 m dari Piramida.

Musium Nasional Mesir
Musium adalah kebanggan rakyat Mesir karena di dalamnya menyimpan peninnggalan purbakala yang tidak ternilai harganya. Bangunan ini terletak di pusat kota Kairo tepatnya di daerah Maidan Tahrir. Bangunan in dibangun oleh Raja Khediev Abbas Hilmi II pada tahun 1897 M dan dibuka untuk umum pada tahun 1902 M. Terdiri dari dua lantai, lantai dasar memamerkan patung-patung dari batu dan kayu, kuburan dan perahu yang dipakai pada masa mesir kuno.
Kemudian di lantai dua terdapat ruang mumi raja-raja diantaranya mumi Ramses II yang diyakini oleh ahli sejarah sebagai Fir’aun yang hidup pada zaman Nabi Musa.

Benteng Shalahuddin Al-Ayyubi
benteng Shalahuddin terletak di Bukit Muqattam. Dibangun oleh Shalahuddin AI-Ayyubi antara tahun 1176-1183 M. ketinggian tembok benteng mencapai 10 m dengan tebal 3 m. Benteng ini dibangun untuk mempertahankan Kota Kairo dari serangan pasukan salib.

Masjid ‘Amr bin ‘Ash
Merupakan Masjid pertama di Benua Afrika, dibangun oleh Panglima ‘Amr bin ‘Ash pada tahun 21 H/641 M. Panglima ‘Amr bin ‘Ash adalah panglima yang diutus oleh Khalifah kedua Umar bin Khattab untuk membebaskan Mesir dari penjajahan bangsa asing.

Masjid Muhammad Ali
Masjid ini terletak di dalam Benteng Shalahuddin Al-Ayyubi. Dibangun oleh Raja Muhammad Ali Pasha pada tahun 1830 m. Seluruh bahan bangunan masjid ini terdiri dari marmer yang indah sehingga masjid ini dijuluki Masjid Marmer (Allabaster Mousque). Di bagian belakang masjid terdapat kuburan Muhammad Ali Pasha.

Masjid Al-Azhar
Masjid AI-Azhar dibangun oleh Jauhar as-Siqilli atas perintah Muiz Lidinillah yang memerintah Dinasti Fatimiyah pada tahun 359 H/970 M. Masjid ini merupakan cikal-bakal Universitas Al-Azhar, karena di dalam masjid ini juga dilaksanakan proses belajar mengajar sejak tahun 975 M/365 H.

Masjid Sayyidina Hussein
Dinamakan demikian karena di dalam masjid ini terdapat makam Sayyidina Hussein, cucu Nabi Muhammad Saw. Menurut ahli sejarah, di dalam masjid ini hanya dimakamkan kepala Sayyidina Hussein, kemudia ada juga yang berpendapat bahwa jasad Sayyidina Hussein juga dimakamkan di sini, karena telah dipindahkan oleh Pemerintah Dinasti Fatimiyah dari Asqalan ke Kairo. Wallahu a’lam.

Masjid Imam Syafi’i
Masjid ini berada di kawasan Hayyu Syafi’i. Terletak di pinggiran Kota Kairo dibangun oleh Pangeran Abdurrahman Kadkhuda tahun 1157 H. Makam Imam Syafi’i berada di samping masjid ini bersebelahan dengan Makam Sultan Muhammad Kamil (Paman Shalahuddin Al-Ayyubi) dan Ibunya Malikatu Syam, serta makam temannya yang bernama Abdullah bin Hakam.

Wisata Alexandria

Perpustakaan Alexandria
Merupakan perpustakaan kebanggan Rrakyat Mesir, hingga mendapat julukan Piramida keempat. Pada mulanya perpustakaan ini didirikan oleh Alexander The Great (Iskandar yang Agung) pada tahun 228 SM mengoleksi kurang lebih 500.000 manuskrip. Namun, perpustakaan ini pernah dibakar oleh Pasukan Julius Kaisar pada tahun 48 SM hingga buku-buku di dalamnya hangus. Tapi, Mark Antonio yang datang setelah Julius Kaisar menghadiahkan 200.000 buku kepada Kleopatra (pemimpin Mesir ketika itu) yang berlanjut ke kisah cintanya.
Untuk kedua kalinya Perpustakaan ini hancur pada tahun 391 M, ketika itu pasukan Romawi menghancurkan seluruh bangunan yang di dalamnya terdapat arca dan patung, ketika itu di dalam perpustakaan juga terdapat patung dan arca-arca hingga tak luput dari keganasan tentara Romawi.
Kini, perpustakaan ini kembali berdiri kokoh dengan bentuk arsitektur yang sangat unik, berbentuk setengah matahari terbit. Dibangun sejak tahun 1990-2002 atas prakarsa pemerintah Mesir bekerjasama dengan UNESCO menghabiskan dana sebesar US$ 220 juta.

Pantai dan Taman Muntazah
Merupakan tempat peristirahatan raja-raja sebelum meletus Revolusi 23 Juli 1952. Taman ini terletak di tepi laut tengah dengan berbagai jenis bunga dan tanaman. Di dalam taman ini juga terdapat Istana Raja Farouk yang megah, terletak di tempat tertinggi dan menghadap ke laut.

Masjid Abul ‘Abbas Al-Mursi
Masjid ini berada di tepi pantai Kota Alexandria, berbentuk segi enam dan dipenuhi kaligrafi nan indah. Di dalam masjid inilah seorang Sufi pengikut tarekat Syadziliyah dimakamkan. Beliau adalah Abul ‘Abbas Al-Mursi yang lahir di Mursiah, Andalusia (kini Spanyol) tahun 616 H dan wafat pada tahun 685 H.

Benteng Qeit Bey
Merupakan benteng pertahanan untuk melindungi Kota Alexandria dari serangan luar. Dibangun oleh Sultan Qeit Bey, salah seorang Sultan Dinasti Mamalik pada tahun 1472 M. luas benteng keseluruhan sekitar dua hektar.

 

Summarized by : Rain

 
pupupu