Pemprov Sumbar Bebaskan Biaya Balik Nama Kendaraan Yang Akan Masuk Sumbar
PDF Print E-mail
Rabu, 20 Juni 2012 | Padang. Sejak tanggal 1 Juni hingga 31 Desember 2012, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberlakukan pemutihan pajak kendaraan bermotor dan penghapusan biaya bea balik nama kendaraan bermotor BBNKB.Kepala UPTD Pelayanan Pendapatan Provinsi Sumatera Barat, JAYA ISMAN  mengatakan, pemutihan pajak kendaraan bermotor telah diputuskan melalui Peraturan Gubernur Pergub Sumatera BaratNomor 33 Tahun 2012 tentang pembebasan BBN plat nomor non BA untuk kendaraan luar provinsi Sumatera Barat.Bagi pemilik kendaraan yang memiliki kendaraan diluar Provinsi Sumbar seperti plat B, BM dan BK bila mendaftar di Sumatera Barat maka akan dibebaskan biaya balik nama, namun pembayaran pajak tetap diberlakukan.

Dijelaskan, syarat untuk pengurusan balik nama kendaran itu yakni membawa BPKB STNK asli, fotocopy pemilik asli kendaraan, dan surat mutasi dari daerah asal. Untuk mengurusan balik nama tersebut hanya membutuhkan waktu satu minggu, namun untuk pengurusan surat mutasi dari daerah asal kendaraan akan memerlukan waktu satu bulan.

Menurut jaya isman, tujuan dari pembebasan biaya balik nama tersebut untuk menggali potensi kendaraan yang berasal dari luar provinsi.Hingga saat ini UPTD Pelayanan Pendapatan Provinsi sudah menerima pemutihan pajak kendaraan sebanyak 4 ribu 173 unit kendaraan,sedangkan target tahun 7 ribu 289 unit kendaraan.-

Jaya Isman optimis peraturan gubernur itu dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sector Pajak kendaraan terutama dari kendaraan Non BA. Sementara untuk tahun 2012 UPTD Pelayanan Pendapatan Provinsi Sumatera Barat mentargetkan penerimaan dari sektor pajak kendaraan sebesar 661 milyar rupiah, hingga saat ini baru terialisasi sebesar 285 milyar rupiah.(NH)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
pupupu