Puskesmas Sedikit, Pemkab Solsel Tetap Serius Tingkatkan Kesehatan Masyarakat
PDF Print E-mail
Jum'at, 31 Agustus 2012 | Padang. Pemerintah Kabupaten Solok Selatan serius perhatikan kesehatan masyarakat di daerah terpencil, dengan membangun serta meningkatkan status sejumlah puskesmas pembantu menjadi puskesmas induk. Selain itu, juga memberikan Jaminan Kesehatan Daerah-Jamkesda bagi masyarakat.
 
Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim mengatakan, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan merupakan daerah yang serius memberikan layanan kesehatan, dibanding Kabupaten/Kota lain di Sumatera Barat. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan realisasi jamkesda yang mencapai 64 persen di Kabupaten Solok Selatan. Sedangkan daerah lain menurutnya, hanya mencapai 35%.

Wagub Muslim Kasim juga menambahkan, peningkatan program layanan kesehatan ini merupakan langkah positif dalam memajukan kehidupan masyarakat di berbagai sektor, karena tidak ada aktivitas yang dapat dilakukan jika masyarakat dalam keadaan sakit.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan, saat ini jumlah penduduk di Kabupaten Solsel mencapai 12 ribu 400 jiwa. Menurutnya, untuk menciptakan masyarakat yang sehat, Pemerintah tidak bisa hanya mengandalkan keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah yang terkadang sulit dijangkau masyarakat karena jarak yang jauh, infrastruktur jalan yang buruk, dan minimnya akses transportasi.
Untuk itu, saat ini pihaknya mulai meningkatkan status puskesmas yang ada, agar bisa difungsikan sebagai tempat pemeriksaan masyarakat sekaligus menjadi tempat perawatan. Salah satu peningkatan tersebut dilakukan terhadap puskesmas Abai, Kecamatan Sangir, dengan memperbesar bangunan puskesmas menjadi 2 bagian, menggunakan dana APBD sebesar 800 juta rupiah. Muzni menambahkan, pihaknya juga akan terus membangun puskesmas rawatan di seluruh Kecamatan, di Kabupaten Solok Selatan.

Ia juga mengatakan, bahwa saat ini jumlah Puskesmas di Kabupaten Solok Selatan baru berjumlah 8 unit, 3 diantaranya merupakan Puskesmas Rawatan yakni Puskesmas Abai, Lubuk gadang, dan Bidak Alam.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download