Warna Minyak Tanah Di Sumbar Kehitaman, Pertamina Bilang Tidak Berpengaruh Pada Kualitas
PDF Print E-mail
Rabu, 24 Oktober 2012 | Padang. Warga Sumatra Barat dikagetkan dengan perubahan warna bahan bakar minyak (BBM) jenis minyak tanah pada pekan lalu. Pasalnya, yang minyak tanah beredar tersebut mengarah kehitaman-hitaman, dan sangat berbeda dari biasanya.


SR View Retail Marketing Pertamina Rayon VIII Sumbar Zico Wahyudi mengatakan, bahwa perubahan warna yang terdapat dalam minyak tanah tersebut tidak mempengaruhi kualitas. Namun menurutnya, pihak Pertamina Teluk Kabung sebagai pemasok BBM di Sumatera Barat, sudah melakukan tes labor, dan telah di nyatakan layak untuk di jual ke pasaran dan dapat di gunakan oleh masyarakat.


Zico juga menambahkan, bahwa selama ini minyak tanah yang di sebar di daerah Sumatera Barat, berasal dari kilang Balongan di Jawa Barat. Namun menurutnya, suplai minyak tanah untuk Sumbar, tidak hanya dari kilang Balongan, tapi juga dari beberapa kilang lainnya di Indonesia, termasuk dari kilang Impor.


Selain itu Ia juga mengatakan, bahwa pihak Pertamina sudah menyampaikan mengenai perubahan warna pada minyak tanah tersebut ke pihak Hiswanamigas, selaku distributor BBM. Hal ini bertujuan, agar dapat di sosialisasikan ke pihak agen dan masyarakat, agar tidak ada keraguan dalam menggunakannya.


Menurut data Pertamina, kuota pasokan minyak tanah di Sumbar mencapai 14.280 kiloliter per bulan, atau sekitar 575 kiloliter per hari.  Sementara, kuota ditetapkan BPH Migas melalui pertamina di tahun 2012 sekitar 176.000 kiloliter.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download