13 dari 18 Parpol Susulan Calon Peserta Pemilu 2014, Tidak Lolos Verifikasi Faktual
PDF Print E-mail
Senin, 30 Desember 2012 | Padang. Pleno terbuka pengumuman hasil verifikasi faktual yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah-KPUD Kota Padang menyatakan, 13 dari 18 partai politik susulan Calon Peserta Pemilu Legislatif 2014 tidak memenuhi syarat.


Ketua KPUD Kota Padang Alison mengatakan, parpol yang dinyatakan tidak lolos verifikasi, dikarenakan tidak mampu memenuhi salah satu ataupun seluruh komponen persyaratan verifikasi yakni, kelengkapan pengurus partai, prosentase keterwakilan perempuan minimal 30 persen, kepemilikan kantor, serta jumlah minimal keanggotaan.
Menurut Alison, 13 parpol yang tidak lolos, kesemuanya tidak memenuhi kuota keanggotaan partai yang ditentukan. Alison menambahkan, dari hasil pleno yang telah diumumkan, parpol yang
merasa keberatan dapat mengajukan keberatan, dan akan diuji kembali.


Sementara itu, 5 dari 18 parpol Calon Peserta Pemilu Legislatif 2014 yang memenuhi syarat verifikasi faktual di tingkat Kota Padang, masing-masing, Partai Damai Sejahtera, Partai Karya Peduli Bangsa, Partai Nasional Republik, Partai Pengusaha dan Pekerja, dan Partai Rakyat Serikat
Independen. Pengumuman verifikasi factual yang dilakukan KPUD Kota Padang, selanjutnya akan diserahkan ke KPU Provinsi untuk direkap bersama hasil verifikasi dari 18 Kabupaten/Kota lainnya.


Maka dengan demikian, dari 2 kali verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPUD Kota Padang, baik terhadap 16 Parpol maupun 18 Parpol, yang dinyatakan lolos sebanyak 17 Parpol.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
pupupu