"Marasai" Melahirkan Bayi Mungil
PDF Print E-mail
Kamis, 03 Januari 2013 | Padang. Rumah Sakit Umum Pusat M.Djamil Padang, berhasil menyelamatkan kelahiran bayi yang tak lazim terjadi. Hal ini disebabkan, karena bayi berukuran panjang 24 cm dan berat berat 750 gr ini, lahir dari seorang ibu bernama Marasai yang berukuran tubuh kecil, dengan tinggi 97 cm.


Dirut RSUP M.Djamil Padang, dr. Aumas Pabuti mengatakan, bahwa kasus yang ditangani ini merupakan yang pertama kali terjadi di Sumbar bahkan di dunia. Menurutnya, selain pasien yang melahirkan berukuran tubuh tidak normal, sang ibu juga mengalami penyakit OI atau gangguan pada tulang. Sehingga, untuk menangani pasien ini mulai dari dirujuk dari Solok Selatan, hingga proses melahirkan mendapatkan perlakuan yang khusus. Bahkan RSUP M.Djamil langsung menurunkan beberapa orang dokter spesialis, agar ibu dan bayi yang dilahirkan dapat selamat.


Dirut RSUP M.Djamil ini juga menambahkan, karena yang bersangkutan juga dari keluarga kurang mampu dan kasus yang dihadapi tersebut tidak biasa, maka pihak rumah sakit juga akan membantu seluruh biaya pengobatannya melalui Jampersal. Menurutnya, selama ini belum ada pihak yang membantu pasien, sehingga baru mendaptkan bantuan dari darmawati rumah sakit.


Sementara itu, dr.Dovi yang merupakan dokter Ahli Kandungan yang menangani pasien bernama Marasai ini mengatakan, bahwa untuk bayi mungil yang saat ini masih menjalani perawatan incubasi atau pemanasan berharap, agar bayi tersebut tidak menderita hal yang sama seperti yang diderita ibunya. Untuk itu menurutnya, diperlukan perawatan yang khusus, agar bayi tersebut dapat bertahan dan hidup dengan normal.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download