CCTV Gunung Marapi Bukittinggi

Gempa 8,9 SR di Sumbar yang akan melanda Padang masih misteri

Rabu, 13 Oktober 2010 | Padang. Ancaman gempa berkekuatan 8,9 SR di Sumbar masih misteri. Namun demikian, Tim 9 yang terdiri dari ahli gempa dan tsunami bentukan staf khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana (SKP BSB), sedari dini mengingatkan masyarakat pesisir Sumatera, khususnya Sumbar, agar tetap waspada terhadap gerakan batas lempeng (subduksi) di kawasan Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai. Dikutip dari Padangtoday.com, pakar gempa yang juga salah satu anggota tim Sembilan, Wahyu Triyoso mengatakan, walaupun membawa kabar buruk tetapi hasil kajian ini memang harus disampaikan, agar kita bersiap menghadapi bencana.

 
Ribuan Telpon dan SMS masuk ke Classy saat gempa
Radio Classy FM menerima informasi yang begitu banyak, yang disampaikan masyarakat lewat telepon dan SMS saat bencana terjadi. Menurut Station Manager Classy FM, Meidy Rosana, Jumlahnya rata-rata 1.000 penelepon tiap hari. Sementara via SMS lewat operator seluler Flexi dan XL mencapai 2.000-an kali. Untuk Menampung ribuan informasi yang masuk tersebut Classy menyediakan 5 pesawat telepon, berikut 1 pesawat handphone.
Menurutnya, teramat beragam informasi yang disampaikan masyarakat kepada Classy. Namun secara garis besar dapat diklasifikasikan: Satu,  hari pertama hingga ketiga pasca gempa yang paling banyak informasi tentang kondisi masyarakat, rumah dan lingkungan keluarganya. Dua, hari keempat informasi yang disampaikan tentang mulai beroperasinya sejumlah instansi pemerintah dan
perbankan. Termasuk jumlah dan titik-titik posko bantuan mereka di berbagai tempat.
Melayani membludaknya informasi yang disampaikan masyarakat pasca gempa kemarin itu segenap karyawan dan angkasawan/wati Classy FM sebanyak 20 orang bekerja siang malam sampai pagi. Tiap hari, sedikitnya ada dua penyiar dalam boks siar. Yang satu melayani telepon masuk, sementara yang lainnya mengetik sambil menginformasikan kepada pihak terkait setiap informasi yang diterima.
Jum'at, 26 Maret 2010 | Padang. Radio Classy FM menerima informasi yang begitu banyak, yang disampaikan masyarakat lewat telepon dan SMS saat bencana terjadi. Menurut Station Manager Classy FM, Meidy Rosana, Jumlahnya rata-rata 1.000 penelepon tiap hari. Sementara via SMS lewat operator seluler Flexi dan XL mencapai 2.000-an kali. Untuk Menampung ribuan informasi yang masuk tersebut Classy menyediakan 5 pesawat telepon, berikut 1 pesawat handphone.

Menurutnya, teramat beragam informasi yang disampaikan masyarakat kepada Classy. Namun secara garis besar dapat diklasifikasikan: Satu,  hari pertama hingga ketiga pasca gempa yang paling banyak informasi tentang kondisi masyarakat, rumah dan lingkungan keluarganya. Dua, hari keempat informasi yang disampaikan tentang mulai beroperasinya sejumlah instansi pemerintah dan perbankan. Termasuk jumlah dan titik-titik posko bantuan mereka di berbagai tempat. Melayani membludaknya informasi yang disampaikan masyarakat pasca gempa kemarin itu segenap karyawan dan angkasawan/wati Classy FM sebanyak 20 orang bekerja siang malam sampai pagi. Tiap hari, sedikitnya ada dua penyiar dalam boks siar. Yang satu melayani telepon masuk, sementara yang lainnya mengetik sambil menginformasikan kepada pihak terkait setiap informasi yang diterima.
 
Classy FM Radio Siaga Bencana

Minggu, 21 Maret 2010 | Padang. Dipilihnya radio Bukit Karang Putih Classy FM itu sebagai Radio Siaga Bencana, didasari beberapa pertimbangan, antara lain, berada di daerah ketinggian sebagai zona aman tsunami, dan memiliki fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai. Mendukung kelancaran tugas, Classy FM melengkapi diri dengan peralatan satu unit pesawat right yang kala itu harganya sekitar Rp. 9 jutaan.

Pesawat RIG (Radio Independents Group) berfungsi sebagai alat komunikasi tanpa terputus antara Satkorlak dengan Classy maupun sebaliknya. Maka begitu bencana datang, setiap informasi yang disampaikan masyarakat kepada Classy, akan ditindaklanjuti dengan menginformasikan pula  kepada Satkorlak. Pada waktu bencana gempa dahsyat kemarin ini tak sedikit masyarakat tertimpa musibah yang segera mendapat pertolongan dari Tim SAR dan Regu Penyelamat berkat informasi yang disampaikan Classy kepada pihak Satkorlak PB Sumbar.

Contoh teranyar, ketika belum semua orang tahu Hotel Ambacang ambruk dan ratusan warga terperangkap di dalamnya. Justru Classy-lah yang pertama kali menginformasikannya kepada pihak Satkorlak PB Sumbar bahwa di sana perlu bantuan alat berat berupa eskavator. Masyarakat amat terbantu. Mereka menyatakan rasa terimakasih tiada terhingga, lantaran telah berkenan menyampaikan informasi yang mereka sampaikan.

Dan, ternyata tak cuma itu. Informasi lain, seperti masyarakat yang kehilangan anggota keluarga, listrik ke rumah mereka yang mati, air PDAM yang tak jalan, antrean pembeli BBM di SPBU yang tak tertib, di daerah mana saja SPBU yang 'buka' saat itu, maupun informasi sekecil apa pun yang diterima dari masyarakat, selalu dengan sukarela disampaikan Classy kepada pihak terkait.

 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 2
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download