Breakfast Talk with Arlin Teguh: Introvert

Kamis, 25 April 2024 pada 06:25

Di hari Senin, seperti biasa program Breakfast Talk with Arlin Teguh kembali hadir. Hari ini, 16 April 2018 membahas tentang Introvert.

Introvert adalah orang yang cenderung suka menyendiri, pendiam, dan susah menyesuaikan diri. Sedangkan kebalikannya dari introvert adalah ekstrovert. Ekstrovert ialah orang yang terbuka dan membuka dirinya kepada orang lain.

Introvert dan ekstrovert banyak dibahas pada generasi milenial tahun kelahiran 1980.  Pada anak-anak generasi sekarang, introvert nyaris tidak ditemukan karena mereka selalu mem-publish apa yang mereka lakukan di media sosial.

Ekstrovert lebih mudah dikenali orang dan dipahami orang lain sehingga seringkali potensinya mudah dinilai apakah cocok atau tidak cocok. Sisi buruk ekstrovert adalah tidak dapat menutupi sesuatu. Kebalikan dengan introvert yang membutuh waktu untuk mengenalinya. Namun kecenderungnya orang introvert memiliki karakter yang kuat dan apa adanya.

Pada dasarnya, semuanya sama. Ketika introvert atau ekstrovert dipahami pada tataran sikap, maka setiap orang harus mengetahui kapan menjadi pribadi terbuka atau tertutup. Ketika kita melihat introvert dan ekstrovert dalam konteks karakter, maka mareka terbentuk oleh kebiasaan sikap dan perilaku.

Pesan bagi orangtua, cobalah untuk mengevaluasi cara Anda berinteraksi dg anak. Apakah Anda telah mendorong mengemukan pendapat dan pikiran. Hal ini yang membantu kesuksesannya di kemudian hari. Sebenarnnya yang paling dibutuhkan adalah keseimbangan.

 (rewrite : Wici Elvinda Rahmaddina)

Ads #1
Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters