Parenting Today: Mindful Parenting

Rabu, 24 April 2024 pada 04:58

Classy People, ada tantangan tersendiri ketika mendidik dan mengasuh kids zaman now yang lebih kritis. Orangtua harus memiliki bekal yang cukup ketika membesarkan anak di era yang serba digital seperti sekarang. Untuk tumbuh kembang Si Kecil, penting bagi orangtua untuk mencermati pola asuh yang tepat. Salah satu pola asuh yang penting untuk diketahui yaitu Mindful Parenting. Dalam Parenting Today hari ini, Selasa 17 Juli 2018 kita membahas Mindful Parenting bersama ibu Septi Mayang Sarry.

Mindful Parenting, segi bahasa dapat diartikan pola asuh berkesadaran. Sementara maknanya adalah menerapkan metode pola asuh kepada anak dengan sadar akan posisi kita sebagai orangtua dan sadar apa yang dilakukan. Biasanya ketika marah, orangtua tidak sadar dengan apa yang dilakukannya. Hal inilah yang harus dihindari dalam pola pengasuhan ini. Orangtua harus memberikan kenyamanan kepada si anak, agar anak tidak merasa tertekan.

Orangtua juga harus memandang dari sudut pandang si anak ketika dia melakukan sesuatu. Si anak juga bisa memahami kenapa orangtuanya meminta untuk melakukan seseorang dan alasan melarangnya.

Zaman sekarang orangtua diharapkan menerapkan Mindful Parenting ini. Karena orangtua harus memposisikan anak sebagai manusia. Menganggap anak sebagai sosok yang sudah bisa diberikan kebebasan dan pilihan, namun tentunya dalam batas kewajaran sesuai umur si anak. Orangtua hanya harus memberikan pengertian yang baik kepada anak, karena kids zaman now butuh alasan.

Classy People, semua pola asuh bersifat subjektif, jadi sebagai orangtua harus memperbarui ilmu dan pola asuh apa yang sesuai untuk diterapkan kepada anaknya. Dari hasil riset dan penelitiannya, Mindful Parenting ini berdampak positif bagi anak dan orangtua sendiri, sehingga diharapkan hubungan dan kulitas dari ibu dan anak menjadi lebih baik.

 

(rewrite : Wici Elvinda Rahmaddina)

Ads #1
Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters