Thank You Allah: Rektor Universitas Negeri Padang - Prof. Ganefri, Ph.D.

Selasa, 15 Oktober 2019 pada 05:07

Classy People, sudahkah Anda bersyukur atas nikmat yang Anda dapatkan hari ini? Selalu ada hal yang bisa disyukuri setiap hari dalam Thank you Allah. Program ini spesial hadir di bulan Ramadhan 1439 Hijriah.

Classy People, hari ini ada Rektor Universitas Negeri Padang - Prof. Ganefri, Ph.D. yang berbagi pengalaman hidupnya dengan kita. Alumnus Jurusan Teknik IKIP Padang ini  menyatakan bahwa pengalaman yang menempanya menjadi lebih dewasa, berpikir ke depan, lebih menghargai orang lain, dan bisa merasakan kesulitan dari rekan-rekan sejawatnya.

Ia terlahir sebagai anak ketiga dari empat bersaudara. Saat berusia 5 tahun, ia telah menjadi yatim. Beruntung saat itu, pepatah Minangkabau, “Anak dibangku kemenakan dibimbiang” masih kental dijalankan di kampung halamannya, Payakumbuh.

Saat kelas IV SD, ia meninggalkan Payakumbuh dan pergi merantau ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau untuk melanjutkan sekolah bersama “etek”-nya. Sedari dulu, orang tua di kampungnya telah menanamkan budaya pendidikan adalah hal utama bagi anak, “Biarlah kurang makan asal anak sekolah”.

Menurut beliau, ungkapan rasa terima kasih yang terbaik kepada Allah SWT adalah dengan melaksanakan perintah Allah SWT sebaik-baiknya dan menghindari larangan-larangan-Nya. Ia selalu meminta kekuatan, kesehatan, dan kesempatan dalam melaksanakan perintah Allah SWT serta menjauhi larangan-Nya. Baginya, dukungan dari keluarga terutama istri begitu besar dalam menapak karir hingga ia menduduki posisi saat ini, termasuk peran istri dalam mendidik anak-anak.

Suatu kebahagiaan yang beliau rasakan adalah bisa membantu orang lain. Ia tidak pernah bekerja atau melakukan sesuatu untuk mendapatkan imbalan. Ia hanya selalu berusaha untuk menghasilkan yang terbaik.

(rewrite : Wici Elvinda Rahmaddina)

Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters