22 Mahasiswa PNP Ikuti Program Magang Industri di Semen Padang

Kamis, 25 April 2024 pada 10:20

Padang, Radio Classy FM - Sebanyak 22 mahasiswa Politeknik Negeri Padang (PNP) periode I 2024 mengikuti Program Magang Industri di PT Semen Padang. Pembukaan program magang tersebut dilakukan Direktur Operasi PT Semen Padang, Pri Gustari Akbar, di Rumah Knowlage Management Pusdiklat PT Semen Padang, Senin (5/2/2024).

Acara itu dihadiri Direktur PNP, Surfa Yondri, Wakil Direktur Akademik PNP, Revalin Herdianto, Wakil Direktur Kerjasama PNP, Ihsan Lumasa Rimra, Ketua Jurusan Teknik Mesin PNP, Menhendri, dan Staf Penunjang Produksi PT Semen Padang, Ridwan Mukhtar, serta Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati.

Direktur Operasi PT Semen Padang Pri Gustari Akbar dalam kesempatan itu menyampaikan, mahasiswa D4 PNP sudah bisa menjalankan program Kuliah Magang Industri di PT Semen Padang, dengan ini mahasiswa PNP bisa belajar dan menambah kompetensi serta ikut berkontribusi dalam aktifitas pemeliharaan pabrik, yakni preventif, prediktif dan improve maintenance.

“Mahasiswa D4 PNP bisa dilibatkan dan dioptimalkan dalam pelaksanaan planned shutdown di PT Semen Padang,” kata Pri, sapaan akrab Direktur Operasi PT Semen Padang itu.

Pri menambahkan, pelaksanaan program magang industri PNP diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan PNP, meningkatkan hardskill dan softskill lulusan PNP, menambah pengetahuan yang belum atau tidak dipelajari dalam proses perkuliahan di kampus, memperkuat peran industri dalam dunia pendidikan, membantu industri dalam penyediaan calon tenaga kerja siap pakai dan dapat meningkatkan link and match antara dunia pendidikan dan industri.

“Pelaksanaan program magang ini, kita harapkan juga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai hal apa saja yang dibutuhkan untuk menyiapkan lulusan PNP yang akan memasuki dunia kerja dan meningkatkan pengetahuan dan skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja,” tutur Pri

Menurut Pri, bagi perusahaan manfaatnya magang PNP ini adalah mendapatkan tambahan tenaga kerja dan turut berperan serta dalam menciptakan SDM unggul yang berdaya saing tinggi, sesuai dengan kebutuhan industri.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang di hadapan peserta magang PNP juga berharap, mahasiswa magang PNP bisa memanfaatkan kesempatan Program Magang Industri ini sebaik-baiknya, untuk meningkatkan pengetahuan dan skill yang akan menjadi bekal di dunia kerja ke depannya.

“Kami menaruh harapan yang besar agar mahasiswa dapat memberikan kontribusi terbaik bagi Perusahaan dan kita semua dituntut untuk senantiasa belajar dan belajar. Jangan pernah merasa puas dan bangga dengan apa yang sudah kita miliki. Dunia berkembang dengan cepat, kuasai ilmu pengetahuan, keterampilan serta teknologi di bidang kita masing-masing, sehingga kita mampu menghadapi persaingan,” ujar Anita.

Menurut Anita, sebelum ditempatkan di unit kerja, mahasiswa magang PNP akan diberi pembekalan selama dua hari mengenai pemahaman tentang company profile, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Pemeliharaan Mesin, cement manufacturing process, product knowledge, inspeksi pemeliharaan, dan manajemen energi oleh kepala unit kerja di PT Semen Padang.

Direktur PNP, Surfa Yondri, mengapresiasi PT Semen Padang yang telah mendukung program magang industri PNP ini. Ia mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah berkalaborasi dan bekerja sama dengan PNP dalam mewujudkan lulusan yang handal.

"Ini kebanggaan bagi kita semua, karena PT Semen Padang memberikan apresiasi kepada kita, khususnya peserta magang industri PNP. Untuk itu, kepada mahasiswa magang dapat memanfaatkan proses magang ini sebaik mungkin dan agar mematuhi prosedur kesehatan dan keselamatan kerja selama magang," katanya.

Program Magang Industri Periode 1 Tahun 2024 adalah untuk Program D4 Rekayasa Perencanaan Mekanik dan Jurusan Teknik Mesin. Program magang akan berlangsung selama satu semester yang dibagi menjadi dua periode, masing-masing periode terbagi menjadi dua sesi, periode I dimulai dari bulan Februari sampai Juli 2024, periode II dimulai dari bulan Agustus 2024 sampai Januari 2025. Peserta berjumlah 41 orang terdiri dari 22 orang magang periode I dan 19 orang periode II. (*)

Ads #1
Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters