7 Tim Inovasi Semen Padang Raih Predikat Platinum di Ajang TKMPN ke-XXVI

Jumat, 29 Maret 2024 pada 06:07

PADANG (26/11/2022) - Tim inovasi PT Semen Padang kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini, prestasi tersebut ditorehkan melalui ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) ke-XXVI yang digelar di Lombok, 21-25 November 2022.

Pada ajang tersebut, sebanyak tujuh tim inovasi yang dikirim PT Semen Padang, meraih pridekat Platinum. Ketujuh tim itu adalah Bridge, Bonus Liner, Datamind, PKM Batu Busuk, Autoped, KIMPRO, dan Return Idler.

Prestasi yang diraih tim inovasi perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara ini, mendapat apresiasi yang tinggi dari Direktur Utama PT Semen Padang, Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa.

"Alhamdulillah, ini pencapaian yang luar biasa. Semuanya meraih predikat Platinum di ajang TKMPN. Selamat kepada seluruh tim yang telah menorehkan prestasi yang membanggakan buat kita semua," kata Asri Mukhtar, Sabtu (26/11/2022).

Asri berharap agar prestasi yang membanggakan ini dapat memotivasi para inovator lainnya di PT Semen Padang untuk terus berinovasi. Apalagi, PT Semen Padang sejak dari dulu tidak akan pernah berhenti untuk terus berinovasi.

"Mari terus berinovasi dan berkarya untuk perusahaan yang lebih maju. Apalagi di tengah ketatnya persaingan industri semen saat ini, tentunya dibutuhkan berbagai inovasi dan improvement dari semua insan perusahaan," ujarnya.

Sementara itu, Senior Manager Total Productive Maintenance (TPM) Officer PT Semen Padang Zulkarnaen mengatakan, TKMPN merupakan ajang tahunan yang digelar oleh Wahana Kendali Mutu bekerjasama dengan Asosiasi Manajemen Mutu dan Produktivitas Indonesia (AMMPI).

Pada tahun ini, ajang inovasi tingkat nasional itu, diikuti oleh 390 tim inovasi dari 129 perusahaan di Indonesia dengan jumlah peserta sekitar 1500 orang. "Dari PT Semen Padang, kami mengirim tujuh tim inovasi, dan semuanya dapat predikat Platinum," kata Zulkarnaen.

Ajang TKMPN ini, sebutnya, merupakan sarana mendemonstrasikan dan mempromosikan keberhasilan, saling tukar pengetahuan dan pengalaman dalam peningkatan mutu dan produktivitas yang bertujuan untuk memacu timbulnya karya-karya bermutu yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.

Bagi manajemen atau pimpinan perusahaan, ajang ini dapat menjadi media benchmarking/sharing praktek manajemen, dapat menularkan semangat beraktivitas mutu di lingkungan jajaran manajemen/pimpinan, serta dapat membangun citra baik perusahaan yang berkualitas

"Sedangkan bagi peserta atau tim inovasi, ajang TKMPN ini tentunya menjadi media belajar berbagai hal improvement dari pembicara/ peserta lainnya. Apalagi, pada ajang TKMPN ini juga digelar berbagai kegiatan. Seperti Keynote Speech, Forum Manajemen & Fasilitator, dan Quiz of Quality and Productivity," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang inovator PT Semen Padang di ajang TKPMN bernama Popia dari tim Datamind, mengaku senang dan bangga bisa meraih predikat Platinum. Apalagi, ajang TKMPN yang diselenggarakan di Lombok ini merupakan kali pertama diikutinya.

"Ini pengalaman pertama saya dan tentunya saya bersyukur sekali, senang sekaligus bangga bisa meraih predikat Platinum di ajang TKMPN ini. Mudah-mudahan, prestasi ini terus membuat saya dan kawan-kawan inovator PT Semen Padang lainnya untuk terus berinovasi," katanya.

Seperti diketahui bahwa semangat melakukan inovasi dan improvement di PT Semen Padang tidak pernah surut. Di mana, Semen Padang dan PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, sebagai holding, mewadahi hal tersebut dengan menggelar Semen Padang Improvement Event SPIE dan Semen Indonesia Group Innovation Award (SIGIA).

Bagi yang meraih prestasi, diikutkan pada ajang TKMPN. Kemudian, bagi yang meraih penghargaan di ajang TKMPN, juga mendapat kesempatan untuk dikirim mewakili Semen Padang berkompetisi di ajang inovasi tingkat internasional yang telah diikuti oleh Semen Padang sejak 2013.(*)

Ads #1
Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters